relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21242/
title: MANAJEMEN PEMBINAAN USTADZ UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA
creator: AGUS MIFTAHILLAH, NIM: 12490046
subject: Pendidikan Islam (Pesantren)
description: Latar belakang penelitian ini bermula dari sistem pendidikan di pesantren  tidak dapat berjalan tanpa adanya pendidik/ustadz yang berkualitas. Kualitas  seorang ustadz di pesantren tidak akan meningkat tanpa adanya bimbingan dari  pengelola pendidikan di pesantren tersebut. Penelitian ini adalah untuk  mengetahui pengelolaan program bimbingan untuk meningkatkan kualitas ustadz  yang ada di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta melalui kegiatan  pembinaan.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar  Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan data  dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik  analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik  kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber  dan metode yang dikombinasikan dengan teori.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pembinaan ustadz di Pondok  Pesantren Al-Luqmaniyyah ditinjau dari manajerialnya telah sesuai dengan  fungsi-fungsi manajemen yang ada yakni perencanaan (planning),  pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (Actuating) dan pengendalian  (controlling), yang keempat fungsi tersebut telah dimaksimalkan oleh Dewan  Pendidikan dan panitia pembinaan dengan tujuan terlaksananya pembinaan  Ustadz yang efektif dan efisien. 2) Dalam penyelenggaraan pembinaan ustadz,  Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah dalam hal ini adalah Dewan Pendidikan  menemukan beberapa kendala yang menghambat dalam tercapainya tujuan  pembinaan tersebut. Kendala ini meliputi dari sarana yang kurang memadai serta  kondisi ustadz dan kondisi Dewan Pendidikan yang mempunyai banyak kegiatan  di luar. Tetapi walaupun masih ada beberapa kendala yang menjadi pekerjaan  rumah bagi Dewan Pendidikan, kegiatan pembinaan ustadz ini juga memiliki  beberapa faktor pendukung yakni dukungan dari Dewan Masyayikh dan kondisi  ustadz yang telah lama berinteraksi dengan sistem pendidikan pesantren. 2) Hasil  dari pembinaan itu sendiri bisa dilihat dari pelanggaran yang dilakukan santri dan  ustadz semakin tahun semakin menurun serta prestasi yang dicapai santri dalam  perlombaan terus meningkat setiap tahun.  Kata kunci : Manajemen, Pembinaan Ustadz, Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah
date: 2016-06-30
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21242/1/12490046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21242/2/12490046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   AGUS MIFTAHILLAH, NIM: 12490046  (2016) MANAJEMEN PEMBINAAN USTADZ UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.