TY - THES N1 - Zainal Arifin, S.Pd.I., M.SI, ID - digilib21283 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21283/ A1 - NAWA HUSNA, NIM: 12490057 Y1 - 2016/06/23/ N2 - Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap manajemen pengembangan kurikulum di madrasah ta?fi? yang berbasis pesantren. Ketertarikan peneliti terhadap pengembangan kurikulum di MI Tahfidhul Qur?an Tasywiqut Thullab Salafiyah (MITQ TBS) Kudus cukup berdasar karena madrasah tingkat dasar ini menerapkan sistem ta?fi?ul Qur??n 30 juz. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui lebih mendalam mengenai konsep madrasah ta?fi? berbasis pesantren dengan sistem ta?fi?ul Qur??n 30 juz di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah, dan (2) untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pengembangan kurikulum madrasah ta?fi? berbasis pesantren yang meliputi kegiatan pengembangan diagnosis kebutuhan, pengembangan tujuan pendidikan, pengembangan isi (kurikulum), pengembangan pengalaman belajar, serta pengembangan evaluasi kurikulum di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui non-participant observation, in-depth interview dan documentation. Analisis data melalui data reduction, data display, serta memberikan verification (kesimpulan). Teknik penentuan validitas dan keabsahan data dengan cara (1) triangulasi teknik dan (2) triangulasi sumber. Fokus penelitian mengenai pelaksanaan manajemen pengembangan kurikulum madrasah ta?fi? berbasis pesantren di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah. Hasil penelitian: (1) Konsep madrasah ta?fi? berbasis pesantren di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah menekankan pada alokasi waktu ta?fi?ul Qur??n dengan porsi lebih yaitu 48 jam perminggu untuk mencapai ta?fi?ul Qur??n 30 juz. Perubahan dari sistem salaf menjadi sistem ta?fi? di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah sebagai madrasah berbasis pesantren selain untuk pengembangan sayap pesantren menuju pendidikan formal tanpa menghilangkan keunggulan ta?fi? 30 juz yang terlebih dahulu ada di PTYQA (Pondok Tahfidh Yanbu?ul Qur?an Anak-Anak) juga karena sudah tidak relevannya sistem salaf dengan tujuan MITQ TBS Kudus Jawa Tengah. (2) Manajemen pengembangan kurikulum madrasah ta?fi? berbasis pesantren di MITQ TBS Kudus Jawa Tengah meliputi: pengembangan diagnosis kebutuhan, pengembangan tujuan pendidikan, pengembangan kurikulum KTSP, kurikulum Kementerian Agama dan kurikulum muatan lokal (pesantren), pengembangan pengalaman belajar, dan pengembangan evaluasi kuriulum. Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Madrasah Ta?fi?, Pesantren PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Pengembangan Kurikulum KW - Madrasah Ta?fi? KW - Pesantren M1 - skripsi TI - MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH TA?F?? BERBASIS PESANTREN STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDHUL QUR?AN TASYWIQUT THULLAB SALAFIYAH (MITQ TBS) KUDUS JAWA TENGAH AV - restricted EP - 206 ER -