TY  - THES
N1  - Dr Sabarudin, M.Si
ID  - digilib21340
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21340/
A1  - MOH ANWARI, NIM. 1320412217
Y1  - 2016/06/28/
N2  - Moh. Anwari, Dampak Supervisi Internal dan Eksternal Terhadap Kompetensi
Pedagogik Guru (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta). Tesis,
Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Supervisi Akademik yang dilakukan kepala sekolah dan pengawas sekolah
merpakan suatu proses yang dirancang secara khusus untuk membantu para guru
dalam menjalankan tugas-tugasnya, agar dapat menggunakan pengetahuan dan
kemampuannya untuk memberikan layanan yang lebih baik pada orang tua siswa
dan sekolah sebagai masyarakat belajar yang lebih efektif.
Penelitian ini bertujuan: 1) Mendiskripsikan pelaksanaan supervisi internal
dan eksternal di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 2) Mendiskripsikan faktorfaktor
pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi Internal dan Eksternal di
SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 3) Mendiskripsikan dampak supervisi internal
dan eksternal terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA Muhammadiyah 3
Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan jenis
penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan,
menuturkan, dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif
berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan
data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Menetapkan
keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data, yaitu
teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan dari berbagai sumber di
luar data tersebut sebagai bahan perbandingan. Informan dalam penelitian ini
adalah Kepala SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Pengawas sekolah, Wakasek
SMA Muhammadiyah 3 Yogyakata, dan guru SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Dari hasil penelitian ini, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1)
pelaksanaan supervisi internal berjalan dengan baik dengan menerapkan model
supervisi klinis dan artistik, teknik supervisi pemeriksaan persiapan sebelum
mengajar, teknik kunjungan kelas atau observasi kelas, pertemuan individu dan
teknik rapat rutin guru, sedang supervisi eksternal belum berjalan dengan
maksimal; (2) faktor penghambatnya adalah kepala sekolah dan pengawas sekolah
memiliki kompleksitas dan beban tugas yang berat serta padatnya waktu yang
dimiliki dan beberapa guru yang masih belum memahami akan pentingnya
supervisi; faktor pendukungnya adalah komitmen kepala sekolah dan guru semakin
baik, kebijakan kepala sekolah, komunikasi dan kerjasama antara guru, kepala
sekolah dan pengawas terbangun dengan baik, telah terbangunnya budaya tertib
andministrasi dan tertib sekolah, dan sarana prasarana yang memadai; (3) supervisi
internal dan eksternal yang dilaksanakan secara efektif memberikan dampak positif
terhadap kompetensi pedagogik guru.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Supervisi Internal
KW  -  Supervisi Eksternal
KW  -  Kompetensi Pedagogik
Guru
M1  - masters
TI  - DAMPAK SUPERVISI INTERNAL DAN EKSTERNAL
TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU
( STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA )
AV  - restricted
ER  -