%A NIM : 12490107 FITRIA NOVITASARI %O Dr. Imam Machali, M.Pd. %T PENGARUH ANTARA GURU, SARANA PRASARANA, PROSES PEMBELAJARAN, DAN PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %X SMA Negeri 3 Yogyakarta merupakan salah satu SMA favorit di D.I Yogyakarta. Setiap tahun ajaran baru tiba sekolah ini menjadi pilihan utama bagi para calon peserta didik baru. Oleh karena itu, SMA Negeri 3 Yogyakarta selalu berusaha meningkatkan mutu untuk memberikan kepuasan pada pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh guru, sarana prasarana, proses pembelajaran, dan pembiayaan terhadap kepuasan belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan empat variabel independen yaitu guru (X1), sarana prasarana (X2), proses pembelajaran (X3), dan pembiayaan (X4). Sedangakan variabel dependen yaitu kepuasan belajar peserta didik (Y). Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran angket kepada responden. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena seluruh populasi kelas XI SMA Negeri 3 Yogyakarta ditentukan sebagai responden penelitian. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi dasar yang berguna untuk melihat normalitas data, korelasi bivariat, korelasi parsial, dan regresi. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, variabel guru berpengaruh positif meskipun dalam kategori sedang terhadap kepuasan belajar peserta didik karena angka signifikan sebesar 0.000 < 0.05 pada angka kepercayaan 95% dan koefesien korelasi 0.436. Kedua, variabel sarana prasarana berpengaruh positif meskipun dalam kategori rendah terhadap kepuasan belajar peserta didik karena angka signifikan 0.000 < 0.05 pada angka kepercayaan 95% dan koefesien korelasi sebesar 0.356. Ketiga, variabel proses pembelajaran berpengaruh positif sekalipun rendah terhadap kepuasan belajar peserta didik karena angka signifikan 0.001 < 0.05 pada angka kepercayaan 95% dan koefesien korelasi sebesar 0.256. Keempat, variabel pembiayaan berpengaruh positif meskipun dalam kategori sedang terhadap kepuasan belajar peserta didik karena angka signifikan 0.000 < 0.05 pada angka kepercayaan 95% dan koefesien korelasi sebesar 0.536. Kata Kunci: Guru, Sarana Prasarana, Proses Pembelajaran, Pembiayaan, Kepuasan Belajar Peserta didik. %K Guru, Sarana Prasarana, Proses Pembelajaran, Pembiayaan, Kepuasan Belajar Peserta didik. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib21345