relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21347/ title: KONSEP KESETARAAN GENDER DALAM PEMIKIRAN FATIMA MERNISSI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM BUKU-BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP creator: LILIK ERLIANI, SPDI, NIM. 1420410007 subject: Pendidikan Islam (Pesantren) description: Liliki Erliani, 1420410007 Konsep Kesetaraan Gender Dalam Pemikiran Fatima Mernissi dan Implementasinya dalam Buku-buku Teks Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Permasalah gender dalam dunia pendidikan menjadi bagian penting untuk selalu dikaji, karena bias gender telah menjadi bagian dari sejarah hidup manusia. Dimana wanita selalu dianggap sebagai makhluk nomer dua yang hanya menduduki tiga tempat yaitu, dapur, sumur, dan kamar, dengan kata lain bahwa wanita tidak punya hak untuk berkreasi dan mengembangkan potensi yang dimikinya. Akibat dari bias gender ini, mata pelajaran PAI SMP pun yang idealinya tidak bias gender menjadi bias gender karena tokoh-tokoh yang terdapat di dalamnya didominasi laki-laki dan sangat sedikit tokoh-tokoh perempuan yang mempresentasikan dirinya dalam buku teks PAI tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konsep kesetaraan gender dalam pemikiran Fatima Mesnissi yang mempunyai semangat untuk memerangi ketidakadilan dan penindasan yang terjadi dikalangan umat Islam yang nantinya dapat digunakan untuk merekonstruksi gender dalam buku-buku teks pelajaran pendidikan agama islam SMP. Hal ini digunakan untuk menjawab permasalahan, (1) bagaimana konsep kesetaraan gender dalam pemikiran Fatima Mernissi, (2) Bagaimana konstruksi gender dalam buku-buku teks Pendidikan Agama Islam SMP, (3) Bagaimana implementasi pemikiran Fatima Mernissi untuk rekonstruksi gender dalam buku-buku teks pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP. Penelitian termasuk penelitian kepustakaan (Library research) dengan pendekatan gender dan hermetiutik. Pendekatan ini digunakan untuk menggali data-data, tulisan-tulisan atau teks yang bias gender yang terdapat dalam buku PAI SMP. Adapun sumber data dari penelitian ini dokumen meliputi karya Fatima Mernissi dan Buku teks PAI SMP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran fatimah marnissi tentang gender bukan ingin menyalahi kodrat Tuhan, tapi justru mengembalikan kodrat pada proporsi dan fungsi sosialnya secara setara dan adil oleh perempuan dan laki-laki. Secara prinsipal dan normatif, Islam menghargai, menghormati, bahkan mengagungkan dan memberdayakan perempuan. Buku teks pelajaran Pendidikan Agama Islam yang selama ini dipelajari oleh siswa masih sedikit yang berpihak pada perempuan dan lebih menunjolkan tokoh laki-laki. Hal ini dapat dilihat dari dominasi tokoh laki-laki barik dari perowiyan hadist atau tokoh panglima perang. Disinilah rasanya perlu berpikir dan bertindak bahwa pendidikan agama harus "direvisi" dengan memasukkan tokoh-perempuan berbading banyaknya dengan tokoh laki-laki. sehingga kandungan tokoh yang terdapat dalam materi PAI SMP ini menjadi 50% laki-laki dan 50% tokoh perempuan baik dari segi periwayatan hadist atau tokoh-toko berpengaruh dalam sejarah kebudayaan islam. Hal ini menjadi penting agar supaya bias gender yang selalu menjadi polemik pada materi PAI SMP dapat teratasi dan juga stereotype vii perempuan yang lemah dan tidak berperan menjadi berkurang dan bahkan dapat dihilangkan date: 2016-06-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21347/1/1420410007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21347/2/1420410007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: LILIK ERLIANI, SPDI, NIM. 1420410007 (2016) KONSEP KESETARAAN GENDER DALAM PEMIKIRAN FATIMA MERNISSI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM BUKU-BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.