%A NIM: 12490113 KHIARA SANTITAMI MUJTAHID %O Dr. Imam Machali %T IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIS PADA PENDIDIKAN BERWAWASAN GLOBAL DI SD MODEL SLEMAN %X Setidaknya, terdapat 2 ciri mendasar dampak arus global dalam dunia pendidikan. Pertama: terlihat pada perubahan konsep ruang dan waktu yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi informasi, teknologi komunikasi dan transportasi, kedua: meningkatnya interaksi budaya antar negara, terutama melalui media masa. Selain itu, arus global menimbulkan pemahaman yang luas kepada masyarkat terhadap dunia global (globalisme) dan aksi nyata berupa penerapan globalisasi itu sendiri. Kaitan antara globalisasi dan pendidikan akan melahirkan suatu masyarakat baru, yaitu masyarakat yang didasarkan pada “knowledgebased- society”. Atas dasar inilah, pendidikan berwawasan global perlu diterpakan pada lembaga pendidikan, terutama pada tingkat Sekolah Dasar yang merupakan masa “golden age” bagi siswa. SD Model Sleman merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pendidikan berwawasan global (Lihat visi dan misi SD Model). Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut, tentang langkahlangkah pengelolaan pendidikan yang berorientasi pada implementasi manajemen strategis dan pendidikan berwawasan global di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data berupa: reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir, peneliti menggunakan teknik triangulasi untuk menguji validitas dan keabsahan data pada penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan, implementasi manajemen strategis dalam pengelolaan pendidikan berwawasan global di SD Model Sleman dapat ditempuh melalui 5 tahapan, yaitu: (1) Mengartikulasikan visi strategis, (2) Merumuskan tujuan melalui visi strategis menjadi kinerja spesifik yang harus dicapai, (3) Menyusun strategi untuk mencapai outcome yang dikehendaki, (4) Implementasi dan eksekusi strategis, dan (5) Evaluasi dan monitoring kinerja dan inisiasi terhadap arah jangka panjang. Pengelolaan pendidikan yang bersifat swasta, didukung oleh stakeholders dan fasilitas yang mendukung, telah memberikan ciri khas dan kekuatan pada pengelolaan pendidikan di SD Model Sleman. Selain itu, dengan adanya tujuan dan visi pendidikan berwawasan global yang telah terencana dengan baik, memberikan dampak dan pengaruh positif bagi pendidikan yang semakin berkembang di masa yang akan datang. Kata kunci: Manajemen Strategis, Globalisasi Pendidikan, Pendidikan Berwawasan Global %K Manajemen Strategis, Globalisasi Pendidikan, Pendidikan Berwawasan Global %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib21350