<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR\r\nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM"^^ . "Persoalan utama pendidikan Islam dewasa ini tidak terlepas dari persoalan kemanusiaan\r\nitu sendiri. Hal ini mengingat bahwa objek dan subjek utama dan yang paling esensial dalam\r\nseluruh aktivitas pendidikan adalah manusia. Pertanyaan tentang siapakah manusia, asal-usul dan\r\ntugasnya di dunia sebenarnya adalah pertanyaan yang telah ada sejak lama. Sejarah pemikiran\r\nBarat modern ditandai dengan usaha menjawab pertanyaan tersebut. Seiring dengan\r\nberkembangnya pemikiran, muncul berbagai aliran filsafat yang masing-masing memiliki corak\r\npemikiran tersendiri. Salah satu aliran yang ada ialah filsafat perennial, yaitu sebuah filsafat yang\r\ndipandang bisa menjelaskan segala kejadian yang bersifat hakiki, yang menjadi hakikat seluruh\r\nagama dan tradisi spiritual manusia. Dengan adanya persoalan-persoalan kemanusiaan\r\nkontemporer ini, perlu adanya kajian tentang hakikat manusia dan konsepsi yang jelas tentang\r\nmanusia.\r\nDalam konteks pendidikan konsepsi Hossein Nasr tentang manusia penting untuk dikaji\r\nkarena manusia adalah subjek sekaligus objek utama pendidikan. Konsep Nasr tentang manusia\r\ndalam konteks menjawab problem manusia kontemporer dapat dijadikan acuan bagi tujuan\r\nPendidikan Islam. Maka dari itu pemahaman yang tepat mengenai konsep manusia harus dimiliki\r\nsebelum menentukan tujuan pendidikan Islam di era modern sekarang ini. Inilah yang menjadi\r\npemantik awal ketertarikan penulis untuk membahas secara lebih mendalam pemikiran Sayyed\r\nHossein Nasr tentang manusia, dan kemudian menarik kontribusinya bagi tujuan Pendidikan\r\nIslam.\r\nDalam penelitian ini, penulis berusaha untuk menemukan rumusan pemikiran yang\r\nfundamental dari Sayyed Hossein Nasr tentang manusia dan bagaimana konsep tersebut\r\ndikontribusikan bagi tujuan pendidikan Islam. Jenis peneitian ini adalah penelitian kepustakaan\r\n(library research) dengan pendekatan filosofis dan studi tokoh. Metode pengumpulan data yang\r\ndigunakan metode dokumentasi dengan sumber primer berbagai karya Nasr yang terkait\r\npembahasan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisa menggunkan metode analisa\r\ndeskriptif.\r\nBerdasarkan temuan penulis, pemikiran Nasr tentang manusia selalu dalam konteks kritik\r\nterhadap dunia modern. Sebagai gugatan atas konsep manusia dalam paradigma modern yang\r\ndestruktif, Nasr mengajukan konsep manusia menurut khazanah tradisional Islam. Dilihat dari\r\nproses penciptaannya, manusia tercipta dari dua komponen jasad dan ruh.Kemampuan serta\r\npotensi yang dimiliki yaitu manusia dikaruniai beberapa kemampuan dasar yang meliputi\r\nintelegensi, kehendak dan sentimen serta kemampuan instrumental yang meliputi akal, memori,\r\nimajinasi, dan perkataan. Hakikat manusia adalah makhluk ilahiyah yang mencerminkan namanama\r\ndan sifat-sifat Tuhan di dunia. ia adalah makhluk utama di dunia yang mengemban tugas\r\nsebagai khalifah sekaligus juga sebagai hamba-Nya,sebuah posisi kemakhlukan yang ada dalam\r\nperjanjian sebelum penciptaan seara jasadiyah, antara manusia dan Tuhan yang menuntut\r\nmanusia untuk selalu mengabdi dan menyembah Tuhan.\r\nKonsep manusia menurut Nasr diaplikasikan dalam dunia pendidikan guna\r\npengembangan dimensi spiritualitas dan potensi-potensi manusia, khususnya dalam konteks\r\ntujuan pendidikan Islam. Hal ini dikarenakan spiritualitas dan pentensi-potensi yang dimiliki\r\nmanusia dapat secara khusus diolah dan dikembangkan dalam bentuk-bentuk yang lebih konkrit\r\nyakni dalam ranah tujuan pendidikan Islam. Pada saat yang sama, tujuan pendidikan Islam\r\ndirumuskan untuk mencapai tingkat spiritual dan pengembangan potensi-potensi manusia. Pada\r\ntitik inilah konsep manusia dalam pemikiran Hossein Nasr termanifestasi dalam tujuan-tujuan\r\npendidikan Islam, dan pada saat yang bersamaan tujuan Pendidikan Agama Islam mendapatkan\r\npenjelasan dan sekaligus pijakannya dari gagasan Nasr tentang Manusia."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410026"^^ . "AHMAD F HAKIM"^^ . "NIM. 1420410026 AHMAD F HAKIM"^^ . . . . . . "MANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR\r\nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . "MANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR\r\nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . "1420410026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR\r\nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR\r\nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR\r\nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR\r\nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR\r\nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "MANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR\r\nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "MANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR\r\nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "MANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR\r\nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21355 \n\nMANUSIA MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR \nDAN KONTRIBUSINYA BAGI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .