<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013\r\nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA\r\nYOGYAKARTA\r\n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN)"^^ . "Achmad Dahlan Muchtar (1420410029). Implementasi Kurikulum PAI 2013 pada\r\nAnak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Bhakti Kencana Berbah Yogyakarta. Tesis.\r\nKonsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Program\r\nPascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.\r\nPerubahan merupakan suatu keniscayaan yang terjadi di dunia ini. Pendidikan sebagai\r\npenyeimbang tatanan sosial tidak lepas dari perubahan. Tuntutan kualitas pendidikan yang\r\nbermutu menjadi sebagian yang mesti dikembangkan demi merespon persaingan dunia yang\r\nsemakin kompetetif. Melalui konsep perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum\r\n2013, pemerintah melalui Kemendikbud mencoba merelevansikan gejala perubahan yang\r\nterjadi saat ini dengan mengembangkan mutu pendidikan yang lebih baik. Saat ini hampir\r\nsemua sekolah menerapkan Kuikulum 2013 baik itu sekolah pada umumnya, sekolah inklusi,\r\nbahkan sekolah luar biasa yang notabene mereka adalah anak-anak yang memerlukan\r\nperlakuan khusus dalam pembelajaran, Dengan demikian, penerapan kurikulum 2013 pada\r\nsiswa berkebutuhan khusus perlu dikaji untuk memaksimalkan potensi peserta didik melalui\r\nperubahan Kurikulum 2013.\r\nBerdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field\r\nresearch) yang bersifat kualitatif. Subyek penelitian adalah orang yang mampu memberikan\r\ninformasi secara akurat serta terlibat lagsung dalam kegiatan penelitian dalam hal ini, Kepala\r\nSekolah, Koordinator Bagian Kurikulum, dan Guru Mata Pelajaran PAI. Dalam proses\r\npengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan\r\nkeabsahan data (triangulasi). Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini, peneiti\r\nmenggunakan empat langkah yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan\r\npenarikan kesimpulan.\r\nHasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, SMPLB Bhakti Kencana telah\r\nmenerapkan Kurikulum 2013 sejak tahun 2014, meskipun dalam penerapannya terdapat\r\nperubahan atau modifikasi pada beberapa aspek seperti, penyesuaian pada materi, metode,\r\nmedia, dan penilaian. Kedua, implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI di\r\nSMPLB Bhakti Kencana dilihat dari beberapa aspek seperti, perencanaan (planning),\r\npelaksanaan (actuating), dan penilaian (controlling). Pada aspek perencanaan yang\r\ndigambarkan melalui RPP sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Pada aspek pelaksanaan\r\ndilihat dari skenario pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian\r\nhasil belajar. Pada aspek pelaksanaan dilihat dari skenario pembelajaran, semua prosedur\r\nseperti bertanya, mengamati dan menyimpulkan sesuai dengan Kurikulum 2013. Pada aspek\r\nmedia pembelajaran, beberapa media yang ditawarkan Kurikulum 2013 bisa diterapkan pada\r\nsiswa berkebutuhan khusus seperti penggunaan smartphone, dan lain-lain. Tetapi untuk\r\nklasifikasi Tunagrahita penggunaan media untuk satu siswa bisa berbeda dengan siswa yang\r\nlain. Pada aspek metode pembelajaran, sebagian bisa diterapkan pada siswa berkebutuhan\r\nkhusus meskipun mengalami penyesuaian. Pada aspek penilaian hasil belajar, beberapa\r\nbentuk penilaian seperti tes tertulis tidak bisa diterapkan pada siswa klasifikai tunagrahita.\r\nKetiga, Problematika dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMPLB Bhakti Kencana\r\nmeliputi, cakupan materi yang belum dikhususkan bagi siswa berkebutuhan khusus, tawaran\r\nmedia dan metode belum dikuhususkan bagi siswa berkebutuhan khusus, dan pembuatan\r\nsilabus dan RPP yang begitu banyak sehingga menyita waktu guru yang akan berimplikasi\r\nviii\r\npada pembelajaran. Solusi yang dapat ditawarkan adalah, membangun komunikasi pada\r\npihak penyelenggara dalam hal ini k"^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410029"^^ . "ACHMAD DAHLAN MUCHTAR"^^ . "NIM. 1420410029 ACHMAD DAHLAN MUCHTAR"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013\r\nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA\r\nYOGYAKARTA\r\n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN) (Text)"^^ . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013\r\nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA\r\nYOGYAKARTA\r\n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN) (Text)"^^ . . . "1420410029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013\r\nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA\r\nYOGYAKARTA\r\n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013\r\nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA\r\nYOGYAKARTA\r\n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013\r\nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA\r\nYOGYAKARTA\r\n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013\r\nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA\r\nYOGYAKARTA\r\n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013\r\nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA\r\nYOGYAKARTA\r\n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013\r\nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA\r\nYOGYAKARTA\r\n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013\r\nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA\r\nYOGYAKARTA\r\n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013\r\nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA\r\nYOGYAKARTA\r\n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21357 \n\nIMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013 \nPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BHAKTI KENCANA \nYOGYAKARTA \n(STUDI KASUS TERHADAP TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .