TY - THES N1 - Dr. Nurussa?adah, S.Psi, M.Si., Psi ID - digilib21358 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21358/ A1 - UTAMININGSIH, SPD, NIM. 1420410030 Y1 - 2016/06/28/ N2 - UTAMININGSIH. Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Mengatasi Siswa Underachiever Di MTs Negeri Yogyakarta I MTs N Yogyakarta I yang dikenal masyarakat dengan prestasinya yang banyak, namun terdapat beberapa siswa yang berkategori cerdas/rata-rata atas tetapi dalam mencapai prestasi belajar belum seperti yang diharapkan, artinya nilai capaian akademik masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Sehingga yang mendapat perhatian tidak hanya siswa yang mempunyai prestasi tinggi saja tetapi siswa yang mempunyai hambatan-hambatan juga perlu mendapat perhatian khusus. Dari gambaran permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Layanan Bimbingan dan Konseling untuk mengatasi siswa underachiever dan hasil layanan Bimbingan dan Konseling untuk mengatasi siswa underachiever di MTs Negeri Yogyakarta I. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif sebagaiamana adanya (natural setting). Penelitian dilakukan di MTs Negeri Yogyakarta I. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan siswa yang terindikasi mengalami underachiever. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data model interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun dalam mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa peran layanan bimbingan dan konseling untuk mengatasi siswa underachiever di MTs Negeri Yogyakarta I dilakukan melalui : (1) layanan dasar yang meliputi layanan orientasi, layanan informasi, bimbingan kelas, bimbingan kelompok, dan layanan pengumpulan data; (2) layanan responsif yang terdiri dari konseling individual, konseling kelompok, konsultasi, kolaborasi, kunjungan rumah dan alih tangan kasus. Hasil layanan bimbingan dan konseling menunjukkan bahwa: (1) Karakter siswa lebih baik dan prestasi belajar lebih meningkat, menjadi aktif mengikuti pelajaran, disiplin terhadap tata-tertib, tanggungjawab dalam menyelesaikan tugas; (2) Peningkatan tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak menjadi lebih baik, orang tua siswa menjadi lebih perhatian; (3) Persepsi guru terhadap siswa menjadi positif dan lebih baik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Layanan Bimbingan dan Konseling KW - Siswa Underachiever M1 - masters TI - LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI SISWA UNDERACHIEVER DI MTS NEGERI YOGYAKARTA I AV - restricted ER -