<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN\r\nBAHASA ARAB\r\nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM\r\nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT\r\nBANDURA"^^ . "Anang Silahuddin. 2016. Peran Lingkungan bahasa Dalam pembelajaran\r\nBahasa Arab Siswa Pondok Pesantren Modern Nūrus-Salām Pespektif Teori\r\nKognitif Sosial Albert Bandura. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan\r\nIslam Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.\r\nBahasa adalah perwujudan dari manusia, dengan bahasa manusia dapat\r\nberinteraksi antara satu dengan yang lainnya, atau antara satu kelompok dengan\r\nkelompok lainnya. Dalam mempelajari bahasa kedua, masuk kedalam dunia\r\nbahasa sasaran adalah langkah paling yang paling efektif bagi para pembelajar\r\nbahasa, di pondok pesantren Nūrus-Salām misalnya, yang membuat program\r\nlingkungan berbahasa untuk membiasakan santrinya berbahasa Arab. Tujuan dari\r\npenelitian ini adalah untuk mengetahui model-model lingkungan bahasa yang ada\r\ndi pondok modern Nūrus-Salām dan untuk mendeskripsikan peran biah\r\nlugawiyah dalam pembelajaran bahasa Arab di pondok modern Nūrus-Salām ,\r\nditinjau dari teori kognitif sosial Albert Bandura. Teori ini menekankan bahwa\r\nproses pembelajarannya dilakukan dengan konsep modelling yang tahapan\r\npembelajarannya meliputi perhatian, pemertahanan, produksi, dan motivasi.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Strategi penelitian yang\r\ndigunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara,\r\nobservasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data,\r\npenyajian data, dan verifikasi.\r\nHasil penelitian ini adalah: (1) bentuk lingkungan di pondok modern\r\nNūrus-Salām adalah; (a) Lingkungan non sosial di pondok pesantren modern\r\nNūrus-Salām berupa: gedung-gedung kelas, masjid, dan teras-teras bangunan\r\nyang digunakan sebagai tempat pembelajaran bahasa. (b) lingkungan sosial di\r\npondok pesantren modern Nūrus-Salām adalah semua orang yang terlibat dalam\r\nterjadinya pelaksanaan pembelajaran di pondok pesantren modern Nūrus-Salām\r\nyang terdiri dari ketua umum, pimpinan pondok, guru-guru dan staf, penguruspengurus\r\norganisasi, serta para santri Nūrus-Salām itu sendiri. (c) lingkungan\r\nformal, adapun lingkungan formal yang ada di pondok pesantren modern Nūrus-\r\nSalām adalah, seperti pemberian mufrādat, Muḥāḍarah, imlā, insyā’,\r\nmuhaadtsah, fathul kutub, ta’limul masā’ bagi santri baru, tashihul lugāh, dan\r\nkursus bahasa. (d) dan lingkungan non formal yang ada di pondok pesantren\r\nNūrus-Salām adalah terbentuknya lingkungan bicara, pemasangan papan-papan\r\nmufradat bertema ditempat-tempat yang tepat, selogan-selogan berbahasa Arab,\r\ndan pemutaran lagu-lagu asing. (2) peran lingkungan dalam prespektif teori\r\nkognitif sosial menunjukkan bahwa; (a) dalam upaya menarik perhatian santri\r\nyang ada dilingkungan pondok pesantren Nūrus-Salām berupa, penyelenggaraan\r\nkegiatan pemberian kosakata yang menarik. Yang diawali dengan Mengucapkan\r\nsalam dan mukodimah, memberikan motivasi dalam belajar bahassa Arab,\r\nmengevaluasi kosakata yang sudah diberikan, memberikan kosakata baru dengan\r\nsuara lantang, memberi contoh kalimat dari kosakata yang diberikan, meminta\r\nsantri untuk membuat kalimat dengan kosakata yang sudah diberikan, dan\r\nmeminta santri untuk menulis kosakata yang sudah diberikan ke dalam buku\r\nperbendaharaan kosakata santri. Bentuk lingkungan berbahasa yang menarik\r\nx\r\nperhatian santri selanjutnya adalah keberadaan kata-kata mutiara yang\r\nditempelkan di dinding-dinding kamar atau bangunan-bangunan yang tidak resmi.\r\n(b) dari aspek retensi atau pemertahanan, berikut adalah program-program dalam\r\ntahap retensi dalam pembelajran bahasa Arab di lingkungan pondok pesantren Nūrus-\r\nSalām berupa, kegiatan rehearsal dalam bentuk mereview kosakata yang telah\r\ndiberikan pengurus, adapun kegiatan mereview yang pertama adalah pada saat\r\npemberian kosakata, kegiatan mereview yang kedua dilakukan setelah pulang\r\nsekolah dan sebelum tidur, kegiatan mereview yang ketiga adalah evaluasi\r\nkosakata setiap 6 bulan sekali. Selain melakukan rehearsal, pengurus juga\r\nmembuat program extra study time berupa ta’limul masā’. (c) yang selanjutnya\r\nadalah produksi/praktik yang ada dalam lingkungan pondok pesantren Nūrus-Salām\r\nadalah, Kegiatan berpidato berbahasa resmi, yang kudua pemberian pengumuman\r\ndengan menggunakan bahasa resmi, drama berbahasa Arab, dan kegiatan\r\nberbahasa harian. (d) berikut adalah program-program yang memotivasi santri dalam\r\npembelajaran bahasa Arab yang ada dalam lingkungan pondok pesantren Nūrus-\r\nSalām ; Pengurus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, Memberikan\r\nhadiah dan hukuman kepada santri yang berprestasi, Melakukan/memberikan\r\npujian kepada santri, Menggunakan contoh-contoh hidup sebagai model-model\r\nyang menarik bagi santri, Melibatkan santri secara aktif."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410033"^^ . "ANANG SILAHUDDIN"^^ . "NIM. 1420410033 ANANG SILAHUDDIN"^^ . . . . . . "PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN\r\nBAHASA ARAB\r\nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM\r\nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT\r\nBANDURA (Text)"^^ . . . "PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN\r\nBAHASA ARAB\r\nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM\r\nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT\r\nBANDURA (Text)"^^ . . . "1420410033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN\r\nBAHASA ARAB\r\nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM\r\nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT\r\nBANDURA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN\r\nBAHASA ARAB\r\nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM\r\nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT\r\nBANDURA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN\r\nBAHASA ARAB\r\nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM\r\nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT\r\nBANDURA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN\r\nBAHASA ARAB\r\nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM\r\nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT\r\nBANDURA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN\r\nBAHASA ARAB\r\nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM\r\nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT\r\nBANDURA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN\r\nBAHASA ARAB\r\nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM\r\nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT\r\nBANDURA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN\r\nBAHASA ARAB\r\nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM\r\nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT\r\nBANDURA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN\r\nBAHASA ARAB\r\nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM\r\nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT\r\nBANDURA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21361 \n\nPERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN \nBAHASA ARAB \nSISWA PONDOK PESANTREN MODERN NŪRUS-SALĀM \nPRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT \nBANDURA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .