TY - THES N1 - Dr. Hisyam Zaini, M.A ID - digilib21361 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21361/ A1 - ANANG SILAHUDDIN, NIM. 1420410033 Y1 - 2016/06/28/ N2 - Anang Silahuddin. 2016. Peran Lingkungan bahasa Dalam pembelajaran Bahasa Arab Siswa Pondok Pesantren Modern N?rus-Sal?m Pespektif Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Bahasa adalah perwujudan dari manusia, dengan bahasa manusia dapat berinteraksi antara satu dengan yang lainnya, atau antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Dalam mempelajari bahasa kedua, masuk kedalam dunia bahasa sasaran adalah langkah paling yang paling efektif bagi para pembelajar bahasa, di pondok pesantren N?rus-Sal?m misalnya, yang membuat program lingkungan berbahasa untuk membiasakan santrinya berbahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model-model lingkungan bahasa yang ada di pondok modern N?rus-Sal?m dan untuk mendeskripsikan peran biah lugawiyah dalam pembelajaran bahasa Arab di pondok modern N?rus-Sal?m , ditinjau dari teori kognitif sosial Albert Bandura. Teori ini menekankan bahwa proses pembelajarannya dilakukan dengan konsep modelling yang tahapan pembelajarannya meliputi perhatian, pemertahanan, produksi, dan motivasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) bentuk lingkungan di pondok modern N?rus-Sal?m adalah; (a) Lingkungan non sosial di pondok pesantren modern N?rus-Sal?m berupa: gedung-gedung kelas, masjid, dan teras-teras bangunan yang digunakan sebagai tempat pembelajaran bahasa. (b) lingkungan sosial di pondok pesantren modern N?rus-Sal?m adalah semua orang yang terlibat dalam terjadinya pelaksanaan pembelajaran di pondok pesantren modern N?rus-Sal?m yang terdiri dari ketua umum, pimpinan pondok, guru-guru dan staf, penguruspengurus organisasi, serta para santri N?rus-Sal?m itu sendiri. (c) lingkungan formal, adapun lingkungan formal yang ada di pondok pesantren modern N?rus- Sal?m adalah, seperti pemberian mufr?dat, Mu???arah, iml?, insy??, muhaadtsah, fathul kutub, ta?limul mas?? bagi santri baru, tashihul lug?h, dan kursus bahasa. (d) dan lingkungan non formal yang ada di pondok pesantren N?rus-Sal?m adalah terbentuknya lingkungan bicara, pemasangan papan-papan mufradat bertema ditempat-tempat yang tepat, selogan-selogan berbahasa Arab, dan pemutaran lagu-lagu asing. (2) peran lingkungan dalam prespektif teori kognitif sosial menunjukkan bahwa; (a) dalam upaya menarik perhatian santri yang ada dilingkungan pondok pesantren N?rus-Sal?m berupa, penyelenggaraan kegiatan pemberian kosakata yang menarik. Yang diawali dengan Mengucapkan salam dan mukodimah, memberikan motivasi dalam belajar bahassa Arab, mengevaluasi kosakata yang sudah diberikan, memberikan kosakata baru dengan suara lantang, memberi contoh kalimat dari kosakata yang diberikan, meminta santri untuk membuat kalimat dengan kosakata yang sudah diberikan, dan meminta santri untuk menulis kosakata yang sudah diberikan ke dalam buku perbendaharaan kosakata santri. Bentuk lingkungan berbahasa yang menarik x perhatian santri selanjutnya adalah keberadaan kata-kata mutiara yang ditempelkan di dinding-dinding kamar atau bangunan-bangunan yang tidak resmi. (b) dari aspek retensi atau pemertahanan, berikut adalah program-program dalam tahap retensi dalam pembelajran bahasa Arab di lingkungan pondok pesantren N?rus- Sal?m berupa, kegiatan rehearsal dalam bentuk mereview kosakata yang telah diberikan pengurus, adapun kegiatan mereview yang pertama adalah pada saat pemberian kosakata, kegiatan mereview yang kedua dilakukan setelah pulang sekolah dan sebelum tidur, kegiatan mereview yang ketiga adalah evaluasi kosakata setiap 6 bulan sekali. Selain melakukan rehearsal, pengurus juga membuat program extra study time berupa ta?limul mas??. (c) yang selanjutnya adalah produksi/praktik yang ada dalam lingkungan pondok pesantren N?rus-Sal?m adalah, Kegiatan berpidato berbahasa resmi, yang kudua pemberian pengumuman dengan menggunakan bahasa resmi, drama berbahasa Arab, dan kegiatan berbahasa harian. (d) berikut adalah program-program yang memotivasi santri dalam pembelajaran bahasa Arab yang ada dalam lingkungan pondok pesantren N?rus- Sal?m ; Pengurus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, Memberikan hadiah dan hukuman kepada santri yang berprestasi, Melakukan/memberikan pujian kepada santri, Menggunakan contoh-contoh hidup sebagai model-model yang menarik bagi santri, Melibatkan santri secara aktif. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - metode KW - lingkungan bahasa KW - teori kognitif sosial M1 - masters TI - PERAN LINGKUNGAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA PONDOK PESANTREN MODERN N?RUS-SAL?M PRESPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA AV - restricted ER -