<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH)"^^ . "Zulia Rahmawati, S.Pd.I. \"PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN\r\nDALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA\r\n(Studi di Sanggar Anak Alam (SALAM) Nitiprayan Bantul Yogyakarta dan\r\nKomunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga Jawa Tengah)\"\r\nLatar belakang penelitian ini adalah keadaan pendidikan di Indonesia yang\r\nbelum membebaskan. Keberlangsungan pendidikan yang sering kali tidak berakar\r\ndari akar persoalan riil masyarakat. Hal inilah yang tak jarang menjadikan output\r\npendidikan tidak mempunyai kesadaran kritis. Pendidikan merupakan media agar\r\nmanusia menjadi bermartabat dan memiliki hak-hak kemanusiaan. Untuk menjangkau\r\nhal tersebut diperlukan suatu pendidikan yang membebaskan, agar mampu\r\nmembangun manusia-manusia yang mempunyai kesadaran kritis dan berbudaya.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan yang membebaskan dan\r\nproses dalam membangun kesadaran kritis dan berbudaya sebagai wujud dari\r\npendidikan yang membebaskan di Sanggar Anak Alam (SALAM) Nitiprayan Bantul\r\nYogyakarta dan Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga Jawa\r\nTengah.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, menggunakan metode\r\ndeskriptif analisis. Metode pengumpulan data dilakukan antara lain dengan\r\nmenggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh\r\ndari ketiga teknik tersebut akan saling dipadukan. Sehingga akan dapat data yang\r\nakurat serta dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya dengan menggunakan\r\ntriangulasi sumber data dan metode.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berusaha mencari\r\npengetahuannya sendiri, siswa dibebaskan untuk belajar di alam terbuka dengan\r\nkonsep belajar berbasis riset untuk menemukan pengalaman yang kemudian\r\ndistrukturkan menjadi \"daur belajar\". Dalam hal ini yang memberi pengetahuan\r\nbukanlah guru, namun pengalaman mereka sendiri. Komunitas Belajar Qaryah\r\nThayyibah menerapkan beberapa prinsip seperti membebaskan, keberpihakan,\r\npartisipatif dan sistem evaluasi yang berpusat pada siswa. SALAM melatih kesadaran\r\nkritis siswa dengan belajar dari aktivitas sehari-hari, misalnya dari proses makan,\r\nproses membangun siswa yang berbudaya juga melalui aktivitas sehari-hari dengan\r\nberpegang pada prinsip kesepakatan bersama yang berpijak pada tiga asas yaitu\r\nbagaimana agar menjaga diri, menjaga teman dan menjaga lingkungan. Di Komunitas\r\nBelajar Qaryah Thayyibah Siswa dilatih dengan pembelajaran problematik karena\r\ndengan adanya problem dapat melatih siswa untuk kritis dan kreatif memecahkan\r\nmasalah. Dalam proses membangun siswa yang berbudaya Komunitas Belajar\r\nQaryah Thayyibah dilakukan dengan cara yang sangat halus dengan proses aktivitas\r\nsehari-hari."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410055"^^ . "ZULIA RAHMAWATI"^^ . "NIM. 1420410055 ZULIA RAHMAWATI"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH) (Text)"^^ . . . "PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH) (Text)"^^ . . . "1420410055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21370 \n\nPENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN KRITIS DAN BERBUDAYA SISWA (STUDI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL YOGYAKARTA DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH KALIBENING SALATIGA JAWA TENGAH)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .