%0 Thesis
%9 Masters
%A MANSUR SUKRI DAING, NIM. 1420410083
%B PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA
%D 2016
%F digilib:21376
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Masjid Jami’ Sagan, Materi, Metode Pendidikan Islam, dan  Manula.
%T MASJID JAMI’ SAGAN DAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI MANULA  (STUDI KASUS DI MASJID JAMI’ SAGAN KELURAHAN TERBAN KOTA YOGYAKARTA)
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21376/
%X Mansur Sukri Daing. Masjid Jami’ Sagan dan Pendidikan Islam bagi  Manula (Studi Kasus di Masjid Jami’ Sagan Kelurahan Terban Kota Yogyakarta).  Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga  Yogyakarta, 2016.  Pendidikan Islam bagi seluruh kalangan umat muslim merupakan suatu  keharusan. Hal ini tidak terlepas dari penerapan Pendidikan Islam bagi manula.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang peran  serta fungsi masjid Jami’ Sagan Terban Yogyakarta dalam pelaksanaan  Pendidikan Islam bagi manula. Dalam penelitian ini juga akan memaparkan  kondisi fisik dan psikis manula, tujuan, materi, metode, hasil dari pembinaan  tersebut, dan juga faktor pendukung lainnya.  Adapun alasan memilih lokasi penelitian di Masjid Jami’ Sagan adalah,  masjid tersebut merupakan masjid terbesar di kelurahan Terban serta memiliki  berbagai macam kegiatan sosial dan keagamaan terlebih khusus berkaitan dengan  penelitian ini yakni adanya aktifitas kegiatan pendidikan Islam khusus bagi  manula. Sedangkan manula di kelurahan terban, khususnya berada di sekitar  masjid Jami’ Sagan merupakan manula yang memiliki antusias tinggi dalam  menuntut Ilmu Agama Islam.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan mengambil lokasi di  Masjid Jami’ Sagan Kelurahan Terban Kota Yogyakarta. Obyek dari penelitian ini  adalah masjid Jami’Sagan dan para manula yang terkait dengan keberlangsungan  pelaksanaan Pendidikan Islam. Subyek dari penelitian yaitu para manula, Pembina  keagamaan (ustadz), dan Takmir Masjid. Pengumpulan datanya menggunakan  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian diolah  dan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik  trianggulasi data, berupa trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.  Hasil Penelitian menunjukkan: (1). Peran dan fungsi Masjid Jami’ Sagan  selain ibadah juga sebagai wadah untuk Pendidikan Islam terlaksana dengan  lancar. (2). Implementasi Pendidikan Islam mencapai hasil yang cukup  memuaskan, hal ini dapat dilihat dari penyampaian materi yang sederhana  sehingga mudah dipahami oleh manula dan penerapan metode yang cocok dengan  kondisi manula yakni; metode ceramah, metode demonstrasi, metode bercerita,  metode menghafal, dan metode motivasi. (3). Faktor pendukung pelaksanaan  pendidikan tersebut meliputi; solidnya takmir masjid dalam mengelola kegiatan,  antusias para manula, adanya kunjungan dari berbagai organisasi, dan adanya  dukungan masyarakat setempat.
%Z Dr. Hj. Marumah, M.Ag.