eprintid: 21379 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/13/79 datestamp: 2016-08-04 03:39:58 lastmod: 2016-08-04 03:39:58 status_changed: 2016-08-04 03:39:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: UMI ROBI’ATIN MUSFA’AH, SHUM, NIM. 1420410105 title: BAHASA ARAB DI MASA DAULAH UMAYYAH (661-749 M) DAN MASA DAULAH ABBASIYAH (749-1258 M) ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Bahasa Arab, Kebijakan Pendidikan note: Prof. Dr. Dudung Abdurrahman, M.Hum abstract: Penelitian ini membahas bahasa Arab di masa Daulah Umayyah (661-749 M) dan Masa Daulah Abbasiyah (749-1258 M). Studi ini berusaha mengkaji tentang pendidikan bahasa Arab dan kebijakan pemerintah Daulah Umayyah dan Daulah Abbasiyah dalam pengembangan bahasa Arab. Penelitian ini mengenai sejarah pendidikan, karena itu dibahas secara historis, yakni mengutamakan makna proses dan perubahan dari sejarah. Sehubungan dengan sejarah tersebut juga menggunakan pendekatan sosiologi untuk menggambarkan sebuah sistem sosial dalam kurun sejarah tersebut dan menggunakan pendekatan politik karena pendidikan bahasa Arab sangat erat hubungannya dengan kebijakan Daulah tersebut. Adapun metode yang diperlukan penelitian menggunakan metode sejarah yakni menggunakan metode heuristik, verifikasi, interpretasi, dan diakhiri dengan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi strategis bahasa Arab sebagai bahasa pendidikan, kebudayaan, politik dan sebagainya dalam kehidupan sehari-sehari pada masa kejayaan Islam tersebut, tidak dapat dipisahkan dari beberapa faktor penting yakni faktor ideologi, doktrinal, linguistik dan faktor politik. Penelitian ini menemukan bahwa bahasa Arab di masa Daulah Umayyah menjadi bahasa teologi, bahasa komunikasi dan bahasa administrasi negara yang berkembang sejalan dengan perluasan wilayah atas kebijakan Arabisasi. Pada masa Daulah Abbasiyah bahasa Arab masih tetap melanjutkan peran bahasa Arab di masa Umayyah kemudian berkembang menjadi bahasa pengetahuan yang berperan sebagai jembatan penghubung keilmuan melalui kebijakan pemerintah dengan melakukan gerakan penerjemahan. Sistem pendidikan di masa klasik ini bersifat teacher oriented, bukan institution oriented yang artinya kualitas suatu pendidikan bergantung kepada guru, bukan kepada lembaga. Sedangkan dalam sistem pembelajaran bahasa Arab pada dua masa tersebut secara impilisit sama dengan sistem pembelajaran Islam dikarenakan bahasa Arab sebagai media bahasa untuk mempelajari Agama Islam dan keilmuan lainnya. date: 2016-06-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA thesis_type: masters thesis_name: other citation: UMI ROBI’ATIN MUSFA’AH, SHUM, NIM. 1420410105 (2016) BAHASA ARAB DI MASA DAULAH UMAYYAH (661-749 M) DAN MASA DAULAH ABBASIYAH (749-1258 M). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21379/2/1420410105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21379/1/1420410105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf