%A NIM. 09420093 ROJINGANA SULAIMAN %O Dr. H. Tulus Musthofa, Lc., MA %T DURRAT AL QISAS AL MUSAWWARAH FI TA'LIM AL LUGHAT AL 'ARABIYYAH BIKITAB AL TA'BIR FI AL FASL AL 'ASHIR MA'HAD IBN AL QAYYIM LI AL BANIN (DIRASAH 'AN WASAIL AL IDAH) PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA %X Skripsi ini berjudul “ Peranan Cerita Bergambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Buku Ta’bir Dikelas Sepuluh Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra (Studi Media Pembelajaran) Piyungan Bantul Yogyakarta” skripsi ini mengkaji penggunaan cerita bergambar dalam pelajaran ta’bir dengan buku Silsilah Pembelajaran Bahasa Arab. Peneliti tertarik dengan tema ini karena pengunaan media bergambar dapat meningkatkan kemampuan santri memahami pelajaran serta dapat menambah keinginan atau kemauan belajar santri kelas sepuluh Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan santri dalam memahami pelajaran ta’bir dan seberapa besar pengaruh cerita bergambar dalam meningkatkan hasil belajar santri kelas sepuluh Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode Pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Angket. Peneliti menggunakan metode analisis data dengan metode perbandingan, membandingkan nilai santri disetiap siklus dengan siklus lainnya. Dengan menghitung nilai rata-rata hasil belajar santri dan nilai rata-rata standar kompetensi di siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran. Peningkatan yang dimaksud sebagai berikut, meningkatnya pemahaman santri terhadap tema yang dipelajari saat pelajaran ta’bir (Silsilah Pembelajaran Bahasa Arab), meningkatnya kemempuan santri dalam ta’bir lisan maupun tulisan, meningkatnya hasil belajar santri saat latihan dan tugas yang diberikan, meningkatnya kemauan santri dan semangat santri dalam mempelajari khususnya dalam pelajaran takbir, dan berkurangnya rasa bosan dan malas dalam belajar Bahasa Arab. %K Ta'bir, bahasa Arab, Ibnul Qayyim %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib21381