<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH\r\nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA\r\nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL"^^ . "Yusrain, Konseling Realita Berbasis Al-Hikmah Guna Meningkatkan\r\nPenerimaan Diri Pada Anak Tuna Daksa SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Tesis.\r\nYogyakarta: Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Program Studi\r\nPendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga 2016.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk menguji, apakah konseling realita berbasis alh\r\nikmah bisa meningkatkan penerimaan diri anak tuna daksa. Penerimaan diri pada\r\nanak tuna daksa itu sangat penting guna mengembangkan potensi yang dimilikinya.\r\nApabila anak tuna daksa memiliki penerimaan diri yang tinggi maka akan membuat\r\nmereka lebih percaya diri dan optimis dalam menggapai harapan, impian dan citacita\r\nyang mereka pahami dan sadari sesuai dengan kondisi mereka, kekurangan dan\r\nkelebihan yang mereka miliki. Penggunaan unsur Islam yaitu al-hikmah dalam\r\nlayanan konseling merupakan bagian dari konsep dakwah dalam konseling realita\r\nadalah untuk mengajak manusia untuk berubah dari situasi yang mengandung nilai\r\nkehidupan yang bukan islami kepada nilai kehidupan yang islami, melalui pola\r\nberfikir yang bijak dalam memandang sesuatu dan mengambil sebuah manfaat dari\r\nsebuah kejadian.\r\nPenelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen model one group\r\npretest and posttest design yang melibatkan 4 anak siswa tuna daksa SMP Negeri 2\r\nSewon Bantul. Penentuan subjek dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria\r\nyang sudah ditentukan. Pengukuran dilakukan dengan alat ukur psikologi yaitu skala\r\npenerimaan diri. Data yang terkumpul di analisis menggunakan uji beda Wilcoxon\r\nsigned ranks test. Hasil analisis Wilcoxon diperoleh nilai sig. 0,046 0,05 dengan Z=\r\n-2,000. Ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan penerimaan diri anak tuna daksa\r\nsebelum dengan sesudah pemberian perlakuan atau layanan konseling, Sedangkan\r\ndari hasil uji beda selisih nilai pre-test dengan post-test diperoleh nilai mean 85,50\r\nmenjadi 125,50. Ini berarti terdapat perbedaan selisih skor antara sebelum perlakuan\r\ndengan sesudah perlakuan. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa konseling\r\nrealita berbasis al-hikmah mampu meningkatkan penerimaan diri anak tuna daksa.\r\nDiantara teknik al-hikmah yang dimaksud disini adalah diantaranya melalui nasihat\r\nyang berisi pengajaran dan pembinaan moral, memberikan motivasi dan ancaman\r\ndengan menjelaskan/ menyebutkan janji Allah kepada orang yang taat dan bersyukur,\r\nmelalui cerita bijak yang dapat membangkitkan semangat seperti cerita inspiratif,\r\nkata mutiara/bijak, lagu motivasi yang bisa menggugah semangat, dan keteladanan\r\nbisa melalui contoh, ucapan yang baik dan sosok inspiratif atau biografi.\r\nPenelitian ini berkesimpulan bahwa konseling realita berbasis al-hikmah\r\ndapat meningkatkan penerimaan diri pada anak tuna daksa. Oleh karena itu konsep\r\nal-hikmah melalui pola berfikir yang bijak dapat mewujudkan konsep diri Islami.\r\nYakni seseorang mengenal dirinya sendiri, harapannya terhadap diri sendiri, dan\r\npenilaiannya terhadap diri sendiri selalu dikaitkan dengan konsep manusia sebagai\r\nhamba Allah, manusia sebagai khalifah di muka bumi, dan manusia harus\r\nbertanggungjawab atas segala perbuatannya."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410134"^^ . "YUSRAIN, SPDI"^^ . "NIM. 1420410134 YUSRAIN, SPDI"^^ . . . . . . "KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH\r\nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA\r\nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL (Text)"^^ . . . "KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH\r\nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA\r\nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL (Text)"^^ . . . "1420410134_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH\r\nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA\r\nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH\r\nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA\r\nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH\r\nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA\r\nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH\r\nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA\r\nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH\r\nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA\r\nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH\r\nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA\r\nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH\r\nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA\r\nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH\r\nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA\r\nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #21390 \n\nKONSELING REALITA BERBASIS AL-HIKMAH \nGUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA \nANAK TUNA DAKSA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .