eprintid: 21396 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/13/96 datestamp: 2016-08-04 04:26:52 lastmod: 2016-08-04 04:26:52 status_changed: 2016-08-04 04:26:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHARIADI MUSLIM, NIM. 1420410144 title: MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM (PUTRA) KEDIRI NTB ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Manajemen Pembelajaran, Bahasa Arab, Pondok Pesantren Nurul Hakim note: Dr. Abdul Munip, M.Ag abstract: Muh Ariadi Muslim, MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM (PUTRA) KEDIRI NTB. Tesis, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri NTB. Pokok permasalahan yang dibahas adalah 1) Bagaimana fungsi perencanaan dalam manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri? 2) Bagaimana fungsi pengorganisasian dalam manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri? 3) Bagaimana fungsi implementasi dalam manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri? 4) Bagaimana fungsi evaluasi dalam manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri? 5) Bagaimana dampak manajemen pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Hakim (putra) Kediri terhadap prestasi santri? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan ilmu manajemen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis kualitatif dengan beberapa langkah, yaitu reduksi data, display dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1) Fungsi perencanaan dalam manajemen pembelajaran bahasa Arab mencakup program tahunan, program semester dan RPP dengan pokok bahasan yaitu standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pokok, kegiatan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, penilaian dan sumber belajar. 2) Fungsi pengorganisasian manajemen pembelajaran bahasa Arab dengan pokok bahasan yang meliputi penjelasan tentang kelas tradisional yang menjadi model kelas utama di pondok pesantren Nurul Hakim Kediri NTB. 3) Fungsi implementasi manajemen pembelajaran bahasa Arab membahas tentang program kurikulum, pelaksanaan pembelajaran dan memberikan evaluasi pembelajaran. 4) Fungsi evaluasi manajemen kurikulum bahasa Arab dilaksanakan dengan mengevaluasi kegiatan akademik guru, melihat hasil belajar siswa dan mengamati tingkah laku atau sikap siswa. 5) Dampak manajemen pembelajaran bahasa Arab terhadap prestasi santri dapat dilihat dari kegiatan yang dilaksanakan yaitu muhadharoh, lomba pidato bahasa Arab, cerdas cermat bahasa Arab, debat bahasa Arab, membuat majalah dinding bahasa Arab, muhadatsah Arabiyah, lomba qiro’atu kutubi turats al islamiyah dan penentuan hari berbahasa Arab dan Inggris. date: 2016-06-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA thesis_type: masters thesis_name: other citation: MUHARIADI MUSLIM, NIM. 1420410144 (2016) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM (PUTRA) KEDIRI NTB. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21396/2/1420410144_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21396/1/1420410144_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf