<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY\r\n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI)"^^ . "Eulis Siti Murnaesih, S.S. Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi\r\nThalib UMY (Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Andragogi).\r\nTesis. Prodi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Magister\r\nPendidikan Islam: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.\r\nPembimbing: Dr. H. Muhammad Amin, Lc., MA.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran dan keberhasilan\r\npembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib menurut teori andragogi.\r\nPembelajaran berdasarkan teori andragogi adalah upaya membelajarkan orang\r\ndewasa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan berpijak pada empat asumsi:\r\norang dewasa memiliki konsep diri, pengalaman, orientasi belajar dan kesiapan\r\nbelajar. Pembelajaran orang dewasa berbeda dengan pembelajaran anak-anak. Dalam\r\npembelajaran orang dewasa harus banyak melibatkan dan memperhatikan kebutuhan\r\npembelajar dalam proses pembelajarannya.\r\nPenelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan,\r\nmenjelaskan dan menjawab persoalan-persoalan tentang fenomena pembelajaran\r\nbahasa Arab yang ada di ma’had Ali Bin Abi Thalib berdasarkan teori andragogi.\r\nUntuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, wawancara, dan\r\ndokumentasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali\r\nBin Abi Thalib tidak sepenuhnya mempraktekkan teori andragogi. Terdapat kendalakendala\r\nuntuk mempraktekkan teori andragogi dalam pembelajaran bahasa Arab di\r\nMa’had Ali Bin Abi Thalib baik dari luar pembelajar atau pun dari dalam pembelajar.\r\nUntuk orang dewasa yang awam bahasa Arab sama sekali, asumsi peran pengalaman\r\nyang merupakan bagian dari teori andragogi tidak memungkinkan untuk\r\ndipraktekkan. Dengan demikian, asumsi konsep diri pun yaitu untuk selalu\r\nmelibatkan pembelajar dalam segala hal, menjadi tidak mungkin. Hal ini\r\nmenunjukkan pula bahwa bukan berarti Ma’had Ali Bin Abi Thalib gagal\r\nmempraktekkan teori andragogi, tetapi karena pembelajaran bahasa Arab di ma’had\r\ntersebut dengan karakteristik input-input dan proses pembelajarannya, tidak dapat\r\ndianalisis secara utuh dengan teori andragogi.\r\nBerdasarkan teori andragogi, keberhasilan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had\r\nAli Bin Abi Thalib masih ada kekurangan. Hal ini dilihat dari indikator\r\nkeberhasilannya, yaitu tercapainya kenyamanan pembelajaran dan terjadinya\r\nperubahan tingkah laku (tercapainya kemahiran berbahasa Arab). Adanya kendalakendala\r\ndipraktekkannya teori andragogi menimbulkan kekurang nyamanan dalam\r\npembelajaran dan mengurangi tercapainya keterampilan berbahasa Arab itu sendiri.\r\nKeberhasilan keterampilan berbicara masih kurang, dibuktikan dengan belum\r\nbisa dan belum terbiasanya para pembelajar berbicara dalam bahasa Arab.\r\nKeterampilan mendengar juga masih kurang. Hal ini disebabkan karena materi dan\r\nmedia pembelajaran mendengar itu sendiri masih kurang."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410158"^^ . "EULIS SITI MURNAESIH"^^ . "NIM. 1420410158 EULIS SITI MURNAESIH"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY\r\n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI) (Text)"^^ . . . "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY\r\n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI) (Text)"^^ . . . "1420410158_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY\r\n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY\r\n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY\r\n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY\r\n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY\r\n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY\r\n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY\r\n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY\r\n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21401 \n\nPEMBELAJARAN BAHASA ARAB \nDI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY \n(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .