eprintid: 21401
rev_number: 12
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/02/14/01
datestamp: 2016-08-04 04:36:43
lastmod: 2016-08-04 04:36:59
status_changed: 2016-08-04 04:36:43
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: EULIS SITI MURNAESIH, NIM. 1420410158
title: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY
(ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI)
ispublished: pub
subjects: pen_isl
divisions: pps_pai
full_text_status: restricted
note: Dr. H. Muhammad Amin, Lc, MA
abstract: Eulis Siti Murnaesih, S.S. Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi
Thalib UMY (Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Andragogi).
Tesis. Prodi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Magister
Pendidikan Islam: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Pembimbing: Dr. H. Muhammad Amin, Lc., MA.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran dan keberhasilan
pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib menurut teori andragogi.
Pembelajaran berdasarkan teori andragogi adalah upaya membelajarkan orang
dewasa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan berpijak pada empat asumsi:
orang dewasa memiliki konsep diri, pengalaman, orientasi belajar dan kesiapan
belajar. Pembelajaran orang dewasa berbeda dengan pembelajaran anak-anak. Dalam
pembelajaran orang dewasa harus banyak melibatkan dan memperhatikan kebutuhan
pembelajar dalam proses pembelajarannya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan,
menjelaskan dan menjawab persoalan-persoalan tentang fenomena pembelajaran
bahasa Arab yang ada di ma’had Ali Bin Abi Thalib berdasarkan teori andragogi.
Untuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali
Bin Abi Thalib tidak sepenuhnya mempraktekkan teori andragogi. Terdapat kendalakendala
untuk mempraktekkan teori andragogi dalam pembelajaran bahasa Arab di
Ma’had Ali Bin Abi Thalib baik dari luar pembelajar atau pun dari dalam pembelajar.
Untuk orang dewasa yang awam bahasa Arab sama sekali, asumsi peran pengalaman
yang merupakan bagian dari teori andragogi tidak memungkinkan untuk
dipraktekkan. Dengan demikian, asumsi konsep diri pun yaitu untuk selalu
melibatkan pembelajar dalam segala hal, menjadi tidak mungkin. Hal ini
menunjukkan pula bahwa bukan berarti Ma’had Ali Bin Abi Thalib gagal
mempraktekkan teori andragogi, tetapi karena pembelajaran bahasa Arab di ma’had
tersebut dengan karakteristik input-input dan proses pembelajarannya, tidak dapat
dianalisis secara utuh dengan teori andragogi.
Berdasarkan teori andragogi, keberhasilan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had
Ali Bin Abi Thalib masih ada kekurangan. Hal ini dilihat dari indikator
keberhasilannya, yaitu tercapainya kenyamanan pembelajaran dan terjadinya
perubahan tingkah laku (tercapainya kemahiran berbahasa Arab). Adanya kendalakendala
dipraktekkannya teori andragogi menimbulkan kekurang nyamanan dalam
pembelajaran dan mengurangi tercapainya keterampilan berbahasa Arab itu sendiri.
Keberhasilan keterampilan berbicara masih kurang, dibuktikan dengan belum
bisa dan belum terbiasanya para pembelajar berbicara dalam bahasa Arab.
Keterampilan mendengar juga masih kurang. Hal ini disebabkan karena materi dan
media pembelajaran mendengar itu sendiri masih kurang.
date: 2016-06-28
date_type: published
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA
thesis_type: masters
thesis_name: other
citation:   EULIS SITI MURNAESIH, NIM. 1420410158  (2016) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY (ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI).  Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21401/2/1420410158_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21401/1/1420410158_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf