<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM\r\nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA\r\n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI\r\nPONDOK PESANTREN)"^^ . "Bandini, Isti, 2016, Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Guna\r\nMeningkatkan Penyesuaian Diri Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa MTsN\r\nWonokromo Yang Tinggal di Pondok Pesantren). Tesis, Program Studi\r\nPendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam, Pascasarjana UIN\r\nSunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi, M.Si,Psi\r\nPesantren merupakan pilihan yang tepat dalam pembentukan karakter anak\r\nusia remaja. Namun berdasarkan pada observasi, wawancara dan data Bimbingan\r\ndan Konseling (BK) terdapat beberapa perilaku sebagian siswa santri yang\r\nmengindikasikan kurangnya penyesuaian diri siswa santri pada tahun pertama di\r\npesantren.Dengan demikian perlu diberikan jenis bimbingan yang dapat\r\nmembantu kesulitan siswa santri dalam penyesuaian diri di pondok\r\npesantren.Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pemberian layanan\r\nbimbingan kelompok berbasis Islam.\r\nTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan\r\nkelompok berbasis Islam dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII\r\nMTsN Wonokromo tahun pelajaran 2015/2016 yang tinggal di pondok\r\npesantren.Jenis penelitian yang dilakukan adalah one group pre test – post test\r\nuntuk melakukan penelitian.Melalui desain ini penelitian dilakukan hanya pada\r\nsatu kelompok dengan melakukan dua kali pengukuran yaitu O1 (pre test) untuk\r\nmengukur tingkat penyesuaian diri siswa santri sebelum diberikan layanan\r\nbimbingan kelompok berbasis Islam. Pengukuran yang kedua O2 (post test)\r\ndilakukan untuk mengukur tingkat penyesuaian diri siswa santri setelah diberi\r\nlayanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Adanya perbedaan antara pre\r\ntestdan post test diasumsikan sebagai efek dari perlakuan yang diberikan.\r\nBerdasarkan hasil penelitian tentang meningkatkan penyesuaian diri siswa\r\nsantri pada aspek penyesuaian diri sebagai adaptasi / adaptation, konformitas /\r\nconformity dan penguasaan / mastery, melalui layanan bimbingan kelompok\r\nberbasis Islam pada siswa kelas VII MTsN Wonokromo yang tinggal di pondok\r\npesantren, sebelum diberikan bimbingan kelompok berbasis Islam siswa santri\r\nmemiliki tingkat penyesuian diri dengan kriteria rata-rata sedang yaitu 60,26%,\r\nsesudah diberikan bimbingan kelompok berbasis Islam kemampuan penyesuaian\r\ndiri santri menjadi tinggi yaitu 74,38%. Dengan demikian terjadi peningkatan\r\nsebesar 14,12% dengan tingkat signifikansi α = 0,05 atau 5%. Peningkatan\r\ntersebut meliputi aspek penyesuaian diri sebagai adaptasi (adaptation) sebesar\r\n15,39%, penyesuaian diri sebagai konformitas (conformity) sebesar 13,05%, dan\r\npenyesuaian diri sebagai penguasaan (mastery) sebesar 13,20%. Analisis\r\nWilcoxon tentang upaya meningkatkan penyesuaian diri siswa santri melalui\r\nbimbingan kelompok berbasis Islam pada siswa kelas VII MTsN Wonokromo\r\nyang tinggal di pondok pesantren menunjukkan hasil uji dengan harga Zhitung\r\n4,937 lebih besar dari Ztabel 1,96 dengan demikian maka Ha diterima dan Ho\r\nditolak. Hasil tersebut menunjukkan kemampuan penyesuaian diri siswa santri\r\nmeningkat setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok berbasis Islam.\r\nDengan kata lain, penyesuaian diri siswa santri dapat meningkat setelah\r\nmendapatkan layanan bimbingan kelompok berbasis Islam."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410171"^^ . "ISTI BANDINI, SPD"^^ . "NIM. 1420410171 ISTI BANDINI, SPD"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM\r\nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA\r\n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI\r\nPONDOK PESANTREN) (Text)"^^ . . . "EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM\r\nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA\r\n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI\r\nPONDOK PESANTREN) (Text)"^^ . . . "1420410171_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM\r\nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA\r\n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI\r\nPONDOK PESANTREN) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM\r\nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA\r\n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI\r\nPONDOK PESANTREN) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM\r\nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA\r\n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI\r\nPONDOK PESANTREN) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM\r\nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA\r\n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI\r\nPONDOK PESANTREN) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM\r\nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA\r\n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI\r\nPONDOK PESANTREN) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM\r\nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA\r\n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI\r\nPONDOK PESANTREN) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM\r\nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA\r\n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI\r\nPONDOK PESANTREN) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM\r\nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA\r\n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI\r\nPONDOK PESANTREN) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21410 \n\nEFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM \nGUNA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA \n(STUDI EKSPERIMENPADA SISWAMTSN WONOKROMOYANG TINGGALDI \nPONDOK PESANTREN)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .