<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK\r\n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA)"^^ . "Muchamad Agus Munir. Konsep Manusia Sebagai Subjek Didik (Telaah Pemikiran Seyyed\r\nHossein Nasr dan Ki Hadjar Dewantara). Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.\r\n2016.\r\nManusia merupakan makhluk yang memiliki kemampuan yang komplek\r\nKemampuan tersebut masuk ke dalam unsur jasmani dan rohani. Namun semua kemampuan\r\ntersebut, di zaman modern seperti saat ini hanya dibatasi salah satunya saja, sehingga\r\nmanusia hanya dipandang sebagai \"barang mati\" tanpa pilihan kecuali menerima atau\r\nmenjadi wadah dari sosialisasi teori iptek dan nilai yang diberikan dan ditumpahkan guru\r\nkepadanya. Akibatnya manusia dalam posisi sebagai subjek didik, gagal memahami dan\r\nmenangkap potensi-potensi yang ada di dalam dirinya. Oleh karena itu diperlukan sebuah\r\nrumusan baru manusia sebagai subjek didik yang dapat menghimpun seluruh kemampuan\r\nmanusia. Rumusan tersebut dapat diambil dari pemikiran Seyyed Hossein Nasr yang\r\nmenganggap manusia sebagai subjek dengan komplesitas yang sudah ada sebelum lahir,\r\nselian itu diambil rumusan dari Ki Hadjar Dewantara yang menganggap manusia adalah\r\nbersatunya kekuatan daya cipta-rasa-dan karsa.\r\nPenelitian ini menggunakan jesnis penelitian library research yakni, penelitian yang\r\nsumber datanya diperoleh melalui studi pustaka atau literatur-literatur yang terkait.\r\nPendekatan yang digunakan adalah hermeneutik yakni, meangkap makna terdalam yang\r\nterkandung di dalam teks-teks dari kedua pemikir tersebut. Teknik pengumpulan data yang\r\ndigunakan dokumentas data data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan\r\nobjective geist artinya, mengkaji makna yang terdalam, atau hakikat nilai yang terkandung\r\ndalam objek penelitian, dalam hal ini terkait dengan karya-karya dari Seyyed Hossein Nasr\r\ndan Ki Hadjar Dewantara.\r\nHasil penelitian ini berupaya untuk merekonstruksi konsepsi mengenai subjek didik\r\ndi dalam pendidikan, dengan mengacu kepada proses pematangan segala potensi dan\r\nkemampuan yang dimiliki manusia. Proses pematangan tersebut menurut Seyyed Hossein\r\nNasr harus sesuai dengan kedudukan manusia di dunia yaitu sebagai ‘abd (hamba) dan\r\nkhalifatullah (wakil Allah). Tuhan membekali manusia untuk hidup di dunia dengan\r\nkemampuan jasmani dan rohani, yang semuanya perlu untuk dikembangkan, agar menjadi\r\nmakhluk yang utuh. Potensi atau kemampuan jasmani terdiri dari tubuh, panca indera dan\r\npikiran, dikembangkan untuk menyempurnakan kemampuan manusia dalam menjalani\r\nkehidupan lahir. Sedangkan potensi rohani yang terdiri dari jiwa, intelek dan hati\r\ndikembangkan untuk mencapai level kemanusiaan yang murni. Adapun konsepsi menurut Ki\r\nHadjar Dewantara menganggap bahwa manusia sebagai subjek didik tidak terlepas dari\r\nkodrat yang dimilikinya. Kodrat tersebut berupa kepatuhan untuk menaati tata tertibdamainya\r\nalam semesta. Syarat utama yang harus dipenuhi manusia adalah pematangan\r\npotensi dan segala daya yang dimilikinya, yang berupa insting, nafsu, dan jiwa. Insting dan\r\njiwa dikembangkan sebagai kekuatan lahir seperti mempertahankan hidup dan melahirkan.\r\nSedangkan jiwa yang mencakup cipta-rasa-karsa harus dikembangkan secara proporsional.\r\nCipta merupakan daya kekuatan pikiran manusia, rasa sebagai daya emosi yang sifatnya\r\nnatural dalam diri manusia dan karsa sebuah kemauan dalam diri manusia. Ketiganya\r\nmemerlukan bimbingan dan tuntunan dari pendidikan untuk merealisasikan kekuatankekuatannya,\r\nagar manuju kepada manusia yang merdeka dan bebas berekspresi"^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410173"^^ . "MUCHAMAD AGUS MUNIR, SPDI"^^ . "NIM. 1420410173 MUCHAMAD AGUS MUNIR, SPDI"^^ . . . . . . "MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK\r\n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA) (Text)"^^ . . . "MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK\r\n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA) (Text)"^^ . . . "1420410173_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK\r\n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK\r\n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK\r\n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK\r\n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK\r\n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK\r\n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK\r\n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . . "MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK\r\n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21411 \n\nMANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK \n(STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .