%0 Thesis %9 Masters %A SYUKUR PRIHANTORO, SPDI, NIM. 1420410177 %B PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA %D 2016 %F digilib:21412 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendidikan Islam, Pembelajaran Bahasa Arab, Integrasi Nilai-nilai Akhlak %T INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN NILAI-NILAI AKHLAK (TELAAH ATAS PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM M. FETHULLAH GÜLEN) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21412/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemikiran M. Fethulah Gülen seorang sarjana muslim Turki dalam pendidikan Islam melaui beberapa karyanya. Dengan meneliti pemikiran seorang tokoh, diharapkan konsep pemikiran pendidikan yang ia gagas tersebut bisa dijadikan bahan pijakan awal untuk memproduk gagasan bagaimana menciptakan sistem pendidikan Islam yang ideal kedepannya. Setelah mengamati secara rinci, bahwa tujuan dari gagasan pemikiran pendidikan Gulen dituangkan juga di dalam buku pembelajaran bahasa Arab karangannya. Jenis penilitian dalam tesis ini adalah studi pustaka (library research) yang besifat deskriptif-kualitatif dengan mengakses sumber data primer maupun sekunder. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis-filosofis, dengan mengkaji pemikiran seorang tokoh dalam buku-buku karyanya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara kemudian dianalisis dengan cara interpretasi, induksi dan deduksi, heuristika, koherensi intern, holistika, idealisasi dan komparasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gülen lebih menekankan aspek pembentukan karakter dan moral baik bagi siswa dalam sebuah proses pendidikan. Pendidikan tidak hanya sebatas intelegensi, namun hati yang bersih harus menjadi kunci. Sehingga, paradigma pendidikan ideal menurutnya yaitu pendidikan yang bisa memadukan secara seimbang antara hati dan pikiran, antara intelektual dan spiritual serta antara tradisionalitas dan modernitas. Untuk mencapai itu semua, diperlukan seorang guru yang profesional, guru yang tidak hanya mengajar tetapi juga bisa mendidik siswanya dengan benar. Dengan melakukan pendekatan lembut terhadap Islam, Gülen beserta para pengikutnya yang tergabung dalam komunitas hizmet mendirikan sekolah-sekolah di berbagai penjuru dunia dengan mengedepakankan sisi multikulturalisme dan nilai-nilai etis universal dalam pendidikan. Penelitian ini juga secara khusus mengeksplorasi buku Ta’lim al-Arabiyyah bi Tariqah Haditsah karya Gülen. Dengan asumsi dasar bahwa seorang pemikir dan pemerhati pendidikan akan menuangkan gagasan utamanya dalam buku pembelajaran yang ia rancang. Melalui analisis isi (content analisys) ditemukan adanya integrasi pembelajaran bahasa Arab dengan nilai-nilai akhlak. Gülen mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dengan mencantumkan materi-materi yang sarat dengan pembentukan nilai-nilai akhlak siswa. Materi yang ia cantumkan meliputi tafsir dan anilisis ayat-ayat al-Qur’an, beberapa hadits pilihan, dan kisah-kisah teladan sahabat. Namun, tanpa mengesampingkan aspek kemahiran dalam bahasa Arab, Gülen juga menyusun materi-materi qawa’id al-lugah (nahwu dan sarf), percakapan (al-hiwar/almuh adatsah), penyajian kosakata bahasa Arab melalui visualisasi gambar dan lain-lain. Ini menunjukkan bahwa buku Ta’lim al-Arabiyyah karyanya merupakan dobrakan atas corak pembelajaran bahasa Arab di Masa Turki Utsmani yang bersifat klasik. %Z Dr. Ustadzi Hamzah, M.Ag,