relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21422/
title: FLEKSIBILITAS POLA ASUH  PADA FASE PERKEMBANGAN ANAK  (STUDI ATAS HADIS NABI DAN TEORI PSIKOLOGI ELIZABET B. HURLOCK)
creator: ADE ARDO FITTRA, NIM. 1420410202
subject: Pendidikan Islam (Pesantren)
description: Studi ini akan menjawab sebuah pertanyaan mendasar: Bagaimana pola  asuh yang ideal sesuai fase perkembangan anak dalam rangka memosisikan diri  sebagai solusi yang relevan ditengah masyarakat modern saat ini? Untuk  menjawabnya, studi ini meminjam gagasan pola asuh dan fase perkembangan  Elizabet B. Hurlock untuk mengetahui konsep pola asuh dan fase perkembangan  teori psikologi (bias Barat). Kemudian menindaklanjutinya dengan pendekatan  hadis Nabi tentang pendidikan keluarga,  Dewasa ini dimana era kemajuan teknologi dan arus globalisasi semakin  tidak dapat dibendung lagi banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan bagi  setiap orang tua didalam pola asuh, anak-anak saat ini tumbuh di era akselerasi  dan kompetisi global, norma-norma dan nilai-nilai kehidupan manusia, yang  semakin lama semakin hilang jati dirinya, Maka dari itu, sudah saatnya nilai-nilai  keislaman atau religiositas dijadikan sebagai landasan pendidikan keluarga di  dalam penerapan pola asuh terhadap anak.  Dalam situasi inilah, transformasi teori pola asuh merupakan sebuah  keniscayaan yang sangat mungkin diterapkan, dengan mengarahkan studi ini  kepada rekonseptualisasi pola asuh fase perkembangan anak yang tetap atas  pertimbangan psikologi (Bias Barat) serta tidak lepas dari (frame) nilai-nilai—  Islam—hadis. Karena pola asuh orang tua bias (psikologi) Barat—gagasan  Hurlock—serta pola asuh bias (Islami) Timur—hadis-hadis Rasulullah—tidak  dapat diaflikasikan secara kaku, (artinya) pola asuh orang tua dalam fase  perkembangan anak, perlu untuk diaktualisasikan dengan konteks kekinian, maka  gagasan fleksibilitas merupakan sebuah gagasan integrasi dua sisi (bias timur—  bias barat), sebagai usaha yang kreatif, aktif dan solutif dalam rangka mencarikan  solusi yang relevan dan tidak termarginal dari kemajuan peradaban umat manusia  secara global.  Fleksibilitas pola asuh pada fase perkembangan anak dapat dipahami  sebagai penyesuaian pola asuh orang tua"(pendidikan)" dengan mengikuti fase  perkembangan anak serta sesuai tuntunan zaman, namun masih tetap atas prinsip  asas islam.  Implikasi dari studi ini adalah menunjukkan bagaimana pola asuh orang  tua dalam fase perkembangan anak, yang pada gilirannya menawarkan alternatif  solusi yang relevan dengan masyarakat modern, serta konformis dengan teori  psikologi(Barat)—sekaligus tidak bertentangan dengan syar’i (hadis-hadis Nabi).
date: 2016-06-28
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21422/2/1420410202_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21422/1/1420410202_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   ADE ARDO FITTRA, NIM. 1420410202  (2016) FLEKSIBILITAS POLA ASUH PADA FASE PERKEMBANGAN ANAK (STUDI ATAS HADIS NABI DAN TEORI PSIKOLOGI ELIZABET B. HURLOCK).  Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.