relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21436/ title: KONSEP ETIKA PEMBENTUKAN ANAK BERKEPRIBADIAN MUSLIM MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN creator: NANANG MULYANTORO, NIM: 09470094 subject: Kependidikan Islam description: Khasanah pendidikan diramaikan dengan istilah pendidikan karakter, adanya perhatian pendidikan terhadap nilai karakter yang dimasukan dalam kurikulum merupakan bentuk dari upaya membentuk generasi yang faham etika, matang akhlak dan karakter kuat. Sejenak perlulah untuk Meninjau kembali khasanah pemikiran tokoh-tokoh pendidikan Islam yang masih relevan dan mudah untuk di aplikasikan dalam mendidik anak-anak. Abdullah Nashih Ulwan adalah tokoh pendidikan Islam yang memiliki fokus dalam pendidikan anak, dan beliau banyak memberikan gagasan-gagasan untuk mencetak generasi insan kamil, yaitu generasi muda Islam yang memiliki bekal tauhid dan moral (akhlak) yang baik, oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang etika dan kaitanya dalam membentuk kepribadian anak Muslim. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library research) dengan pendekatan filosofis pedagogis sedangkan tekhnik yang di gunakan untuk menganalisis data adalah content analysis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : etika dalam keluarga yang perlu diamalkan dan diajarkan kepada anak adalah : (1) etika makan, (2) etika minum, (3) etika memberi salam, (4) etika meminta izin, (5) etika di dalam majlis, (6) etika berbicara, (7) etika bergurau, (8) mengucapkan selamat, (9) mengunjungi orang sakit, (10) etika bertakziyah, (11) etika bersin, (12) etika menguap. Hakikat orang tua mengasuh anak adalah membimbing dan mengarahkan agar anak tidak melanggar syari’at-syari’at yang telah ditentukan agama, diantara kewajiban orang tua adalah mendidik anak. Adapun kewajiban materi yang perlu diajarkan kepada anak adalah : tauhid atau pendidikan keimanan, moral atau pendidikan akhlak, pendidikan fisik, pendidikan akal, pendidikan psikis, pendidikan sosial, dan pendidikan seks. Pendekatan dalam membina etika anak dapat menggunakan beberapa metode pendekatan yaitu : keteladanan, pembiasaan, nasihat, perhatian atau pengawasan, hukuman. date: 2016-05-19 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21436/1/09470094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21436/2/09470094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: NANANG MULYANTORO, NIM: 09470094 (2016) KONSEP ETIKA PEMBENTUKAN ANAK BERKEPRIBADIAN MUSLIM MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.