relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21441/ title: SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA creator: SITI MUJAYANAH, NIM. 1420411034 subject: Pendidikan Islam (Pesantren) description: Siti Mujayanah. Sistem Full Day School dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV SD Muh Pakel Yogyakarta. Tesis. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah pembentukan karakter bagi setiap manusia merupakan kewajiban yang harus dilakukan terus menerus tanpa henti baik melalui pembinaan, kebiasaan dan hal-hal yang dapat meningkatkan akhlak seseorang. Hal yang unik dari sekolahan tersebut ialah, SD Muh Pakel termasuk sekolah swasta yang memiliki manajemen yang baik dalam mengelola pendidikan, sehingga akreditasi yang dimilikipun sangat memuaskan, selain kualitas sekolahan yang bagus, biaya pendidikannya pun tergolong terjangkau dan sistem pendidikan yang diterapakan adalah sistem full day school yang banyak membantu orang tua. Berdasarkan latar belakang, penulis melakukan penelitian di dengan subjek penelitian kelas IV dengan alasan karena kelas IV sudah melampaui masa pendidikan dengan sistem full day school selama 1 tahun. Sehingga penulis ingin melihat dan meneliti perkembangan pembentukan karakter siswa yang sudah mengikuti program sistem full day school tersebut. Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini adalah bagaimana pelaksanaan pembentukan karakter dalam sistem full day school serta bagaimana keberhasilan sistem full day school dalam pembentukan karakter siswa SD Muh Pakel Yogyakarta serta apa faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini dengan pemilihan data kemudian penyajian data dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, proses pembentukan karakter siswa dilakukan dengan program sekolah yang meliputi kegiatan rutinitas yang terdiri dari kegiatan keagamaan yang meliputi shalat berjamaah, qi’roah wa tahfidz quran, serta kegiatan agama lainnya, kegiatan ketertiban meliputi berangkat sekolah, dan piket kelas kemudian kegiatan pembelajaran yang meliputi tertib belajar, pelaksanaan ujian dan menjaga kebersihan kelas, selanjutnya melalui kegiatan spontan seperti kebiasaan senyum dan salam, mengucapkan permisi dan terima kasih. Selain itu, metode yang digunakan dalam pembentukan karakter tersebut, yaitu metode keteladanan yang sering digunakan untuk membimbing siswa agar selalu melakukan hal yang baik. Kemudian metode pembiasaan yang sering digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter melalui berbagai kegiatan pembiasaan. Dan yang terakhir metode nasihat yang digunakan untuk menasihati siswa yang melakukan hal yang kurang baik dan memberi motivasi agar siswa dapat merubah perilakunya. Kedua, keberhasilan pembentukan karakter melalui sistem full day school ditunjukan dengan tercapainya beberapa tujuan pendidikan yang telah dirancang oleh sekolah. Kemudian ditunjukan dengan terbentuknya nilai-nilai karakter sebagai berikut religius, kejujuran, kemandirian, kedisiplinan, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan dan tanggungjawab. Ketiga, faktor yang mendukung ialah fasilitas yang memadai, peran guru dan wali kelas serta orang tua, sedangkan faktor penghambatnya meliputi keadaan orang tua, kebiasaan lupa dan kurangnya menghargai waktu. date: 2016-06-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21441/2/1420411034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21441/1/1420411034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: SITI MUJAYANAH, NIM. 1420411034 (2016) SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.