eprintid: 21443 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/14/43 datestamp: 2016-08-05 02:14:35 lastmod: 2016-08-05 02:14:35 status_changed: 2016-08-05 02:14:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SEPTANIA WAHYU ANGGARA, NIM : 11470008 title: IMPLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VI MI MA’ARIF BEGO KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: public keywords: Strategi pembelajaran aktif, karakter, mandiri, percaya diri note: Dra.WIJI HIDAYATI, M.Ag abstract: Karakter mandiri dan percaya diri merupakan karakter yang penting untuk dimiliki siswa. MI Bego adalah lembaga pendidikan dasar yang berusaha membentuk siswa memiliki karakter tersebut melalui penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PKn. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif dan bagaimana implikasinya dalam membentuk karakter mandiri dan percaya diri siswa kelas VI. Adapuan strategi pembelajaran aktif yang dipakai oleh guru dalam mata pelajatan tersebut adalah Everyone is a teacher here, listening team, debat aktif, serta demonstrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan pendekatan Kualitaitf yang metode mengumpulkan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data adalah dengan Deskriptif analitik. Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif dilakukan oleh guru melalui: pemberian waktu terhadap siswa untuk lebih aktif dengan cara memberi kesempatan bagi siswa mengemukakan pendapat secara mandiri. Jenis-jenis strategi pembelajaran aktif adalah Everyone is a teacher here, listening team, debat aktif, serta demonstrasi. Implikasi penerapan pembalajaran aktif (1) Implikasi langsung: (a) Strategi pembelajaran aktif everyone is a teacherherepada bahasa Indonesia adalah siswa percaya diri dalam menjelaskan materi pelajaran di depan kelas. Siswa menjadi mandiri dalam menyiapkan materi pelajaran bahasa Indonesia sesuai perintah guru.(b) Metode listeningteam, membentuk karekter percaya diri dengan cara siswa belajar mendengarkan orang lain dalam berpendapat. (c) Strategi active debatepada mata pelajaran PKn membentuk karakter mandiri siswa dengan bentuk unjuk pendapat di dalam kelas. Implikasi langsung dapat dilihat bahwa karakter mandiri dan percaya diri siswa terbentuk secara langsung semenjak di dalam kelas. (2)Implikasi tidak langsung: siswa dapat selain dapat menerapkan sifat mandiri dan percaya diri tersebut tidak hanya di sekolah, melainkan dapat menerapkannya di lingkungan masyarakat. Misalnya ketika siswa bersosial dengan keluarga di rumahnya; siswa dapat memberi contoh tentang sikap percaya diri dan mandiri kepada teman-teman yang ada di lingkungan rumahnya date: 2016-06-16 date_type: published pages: 221 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SEPTANIA WAHYU ANGGARA, NIM : 11470008 (2016) IMPLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VI MI MA’ARIF BEGO KECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21443/1/11470008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21443/2/11470008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf