relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21444/ title: IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AL IRSYAD DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO creator: FAMELLA MUTI SEPTIANA, SPDI, NIM. 1420411047 subject: Pendidikan Islam (Pesantren) description: Famella Muti Septiana, Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Al Irsyad di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum pendidikan agama Islam Al Irsyad yang dikembangkan oleh lajnah pendidikan dan pengajaran (LPP) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dan Implementasinya dalam proses pembelajaran serta problematika dan hasil yang dicapai. Di sekolah-sekolah umum, kurikulum PAI yang dibuat oleh pemerintah langsung di implementasikan tanpa memperhatikan kesesuaian dengan kebutuhan siswa. Di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto kurikulum PAI dikembangkan sendiri oleh LPP dengan memadukan kurikulum nasional dan kurikulum Al Irsyad sehingga menjadi kurikulum yang unggul dengan memperhatikan kebutuhan siswa. Penulis berharap penelitian ini menjadi inspirasi bagi para pengembang kurikulum di sekolah dan sebagai pelopor bagi penelitian tentang kurikulum yang dikembangkan sendiri oleh sekolah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas, baik berupa buku-buku yang relevan, artikel ilmiah, jurnal-jurnal dan hasil penelitian terkait kurikulum yang belum dibahas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1). Kurikulum PAI Al Irsyad di di desain dengan mengacu peraturan pemerintah yang ada, namun lebih diperdalam tentang muatan materi pelajaran pendidikan agama Islam. (2). Dalam kurikulum PAI Al Irsyad terdapat Materi atau mata pelajaran yang tidak ada dalam kurikulum nasional yakni Halaqah. (3). Implementasi kurikulum PAI Irsyad dilakukan dalam tiga tahap yakni perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Hal ini berbeda dengan kurikulum yang dibuat pemerintah yang mana tidak ada proses perencanaan pembelajaran, pembuatan RPP termasuk dalam peoses pelaksanaan pembelajaran. (4). Dalam implementasi kurikulum PAI Al Irsyad tidak semulus yang diharapkan mulai dari awal perencanaan kurikulum sampai pada teknis pelaksanaan di kelas, namun dari berbagai kendala yang dihadapi dapat teratasi dengan konsistensi dan kerjasama dari semua pihak sehingga dapat menghasilkan siswa yang dapat berprestasi secara akademik dibuktikan dengan nilai mata pelajaran agama Islam yang ratarata diatas KKM dan pengamalan praktek ibadah harian seperti sholat tepat pada waktunya dan menghafal al-Quran. date: 2016-06-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21444/2/1420411047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21444/1/1420411047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: FAMELLA MUTI SEPTIANA, SPDI, NIM. 1420411047 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AL IRSYAD DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.