<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "POLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN\r\nSLOGOHIMO WONOGIRI"^^ . "Anik Sudarni (1420411052) Pola dan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam\r\nBerwawasan Multikultural di MTs Ar-Rahman Slogohimo Wonogiri. Tesis,\r\nProgram Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,\r\n2016.\r\nPenelitian ini dilakukan dengan dilatar belakangi oleh UU No. 14 Tahun\r\n2005 Tentang Guru dan Dosen bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik,\r\nkompetensi, sertifikasi, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan\r\nuntuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Mewujudkan guru yang\r\nprofesional dan kompeten merupakan pekerjaan yang tidak mudah, bahkan suatu\r\npekerjaan rumit dan kompleks. Mewujudkan guru sebagaimana yang diharapkan\r\ntersebut tidak hanya sekedar melalui perbaikan gaji dan pemberian tunjangan,\r\nakan tetapi banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti wawasan guru\r\ndalam menyikapi semua perbedaan yang multikultural, terutama kinerja guru\r\nkhususnya guru Pendidikan Agama Islam untuk menghargai multikulturalisme.\r\nBerdasarkan UU tersebut di atas, dapat peneliti jadikan dasar terhadap pola\r\ndan strategi guru Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural di MTs Ar-\r\nRahman Slogohimo Wonogiri. Pendidikan sebagai salah satu wadah\r\npengembangan diri generasi muda merupakan aspek yang perlu diperhatikan.\r\nMelalui pendidikan, potensi, minat dan bakat generasi muda dipupuk dan\r\ndikembangkan sebagai bekal mereka sekarang dan masa yang akan datang,\r\ntermasuk dalam memahami, menghadapi, dan mengalami segala perbedaan.\r\nKarena itu, pendidikan yang berwawasan multikultural dapat menjadi sebuah\r\nparadigma yang dapat meminimalisir ketegangan yang timbul karena tidak adanya\r\nsaling pengertian, toleransi, dan kesediaan menerima perbedaan. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mendeskripsikan bahwa dalam pendidikan multikultural, seorang\r\nguru tidak hanya dituntut untuk menguasai dan mampu secara profesional\r\nmengajarkan mata pelajaran, ia juga harus mampu menanamkan nilai-nilai inti\r\npendidikan multikultural, seperti demokrasi, toleransi, humanisme, dan\r\npluralisme. Menggunakan sekaligus mengimplementasikan strategi pendidikan\r\nyang mempunyai visi-misi untuk selalu menegakkan dan menghargai pluralisme,\r\ndemokrasi, toleransi, dan humanisme, diharapkan siswa dapat menjunjung tinggi\r\nmoralitas, kedisiplinan, kepedulian, humanistik, dan kejujuran dalam berperilaku\r\nsehari-hari, baik di sekolah maupun di masyarakat.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian\r\nini adalah kepala MTs Ar-Rahman, empat guru PAI, dan sepuluh siswa MTs Ar-\r\nRahman Slogohimo Wonogiri. Data diambil dengan wawancara, observasi,\r\ndokumentasi, dan triangulasi data. Teknik analisa data menggunakan triangulasi\r\nsumber. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan\r\nsosiologi. Dimana pendekatan sosiologi ini menjelaskan masalah-masalah\r\nhubungan sosial antara peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan\r\nguru, guru dengan guru, serta kepada masyarakat sekitar.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi warga di MTs Ar-Rahman\r\nSlogohimo beragam paham agama Islamnya, yaitu Muhammadiyah, Nahdlatul\r\nxi\r\nUlama, Ikhwanul Muslimin dan netral; masing-masing dari semua kelompok yang\r\nberbeda mampu saling menghormati dan menghargai serta bisa tetap mengajar\r\ndengan menerapkan wawasan multikulturalisme. 2) guru PAI berwawasan\r\nmultikultural di MTs Ar-Rahman Slogohimo tercermin dalam beberapa materi\r\nyang terkait dengan muatan multikultural serta pengembangan materi yang\r\ndilakukan oleh para pendidik, yang sarat akan rumusan tentang pendidikan\r\nmultikultural, yakni nilai-nilai saling menghargai, toleransi, demokrasi,\r\nkerukunan, dan memperoleh hak dan kewajiban yang sama. Disamping itu,\r\ntercermin dalam penggunaan strategi dan metode yang dipakai oleh guru PAI\r\nyang variatif, seperti diskusi maupun dialog interaktif. Dengan metode-metode\r\ntersebut, guru telah menciptakan wawasan multikultural demokratis dalam\r\npembelajarannya karena memberikan kesempatan yang sama kepada siswa untuk\r\nmengeluarkan pendapat dan berfikir kritis, serta melatih siswa untuk saling\r\nmenghargai pendapat yang berbeda; dengan memberikan tugas secara kelompok,\r\nmenciptakan hubungan yang harmonis antar sesama siswa, sehingga hal ini\r\nmemberikan pembelajaran yang berharga tentang arti toleransi dan kerukunan."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420411052"^^ . "ANIK SUDARNI"^^ . "NIM. 1420411052 ANIK SUDARNI"^^ . . . . . . "POLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN\r\nSLOGOHIMO WONOGIRI (Text)"^^ . . . "POLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN\r\nSLOGOHIMO WONOGIRI (Text)"^^ . . . "1420411052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "POLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN\r\nSLOGOHIMO WONOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "POLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN\r\nSLOGOHIMO WONOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "POLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN\r\nSLOGOHIMO WONOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "POLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN\r\nSLOGOHIMO WONOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "POLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN\r\nSLOGOHIMO WONOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "POLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN\r\nSLOGOHIMO WONOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "POLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN\r\nSLOGOHIMO WONOGIRI (Other)"^^ . . . . . . "POLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN\r\nSLOGOHIMO WONOGIRI (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21445 \n\nPOLA DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \nBERWAWASAN MULTIKULTURAL DI MTS AR-RAHMAN \nSLOGOHIMO WONOGIRI\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .