eprintid: 21449 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/14/49 datestamp: 2016-08-05 02:14:36 lastmod: 2016-08-05 02:14:36 status_changed: 2016-08-05 02:14:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YUNI IRAWATI, NIM. 1420411061 title: PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA INKLUSI DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC (INTIS) SCHOOL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Karakter religius, siswa inklusi note: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D. abstract: Yuni Irawati. Pembentukan Karakter Religius pada Siswa Inklusi di SD INTIS School Yogyakarta. Tesis. Jurusan Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Islam. Konsentrasi Pendidikan Agama Islam. Pembimbing: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D. Pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus merupakan hak yang perlu didapatkan. Selama ini anak berkebutuhan khusus belum mendapatkan pendidikan yang layak untuk perkembangan rohani dan jasmani mereka. Karena itu, peneliti ini fokus pada pembentukan karakter yang kuat bagi mereka. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (kualitatif) dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data karena pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter religius pada siswa inklusi. Hasil menunjukkan bahwa 1) proses pembentukan karakter religius pada siswa inklusi di SD INTIS School Yogyakarta mencakup pembentukan karakter religius, meliputi kondisi anak berkebutuhan khusus disesuaikan dengan kondisi guru dan sarana-prasarana, pihak sekolah melihat kondisi anak berkebutuhan khusus dengan melihat asesmen yang diperoleh dari hasil tes dengan psikolog, kondisi anak berkebutuhan khusus disesuaikan dengan kurikulum dan peran pseudo dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Metode-metode yang digunakan dalam pembentukan karakter religius: keteladanan, penghargaan dan peringatan, cerita atau kisah berhikmah, menempel, brain game, dan active learning; 2) pola pembentukan karakter religius pada siswa inklusi meliputi pembelajaran PAI meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, pola pembiasaan dan budaya sekolah, melalui akhlak aplikatif, dan program evaluasi. 3) keberhasilan pembentukan karakter religius meliputi: sikap dan perbuatan siswa dan kemampuan siswa yang mencakup bertambahnya pengetahuan siswa date: 2016-06-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA thesis_type: masters thesis_name: other citation: YUNI IRAWATI, NIM. 1420411061 (2016) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA INKLUSI DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC (INTIS) SCHOOL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21449/2/1420411061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21449/1/1420411061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf