@mastersthesis{digilib21460, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEKS BAHASA ARAB UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 1420411078 RAHMA DESYANI}, year = {2016}, note = {Dr. H. Radjasa Mu?tashim, M.SI}, keywords = {Bahan Ajar, Buku teks Pelajaran, Jaringan sekolah islam terpadu}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21460/}, abstract = {Rahma Desyani. Pengembangan Bahan Ajar Buku teks Bahasa Arab untuk kelas I sekolah dasar islam terpadu. Tesis, Pascasarjana Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga. Yogyakarta, 2016. Peran bahan ajar buku teks sebagai pengoptimalisasi pengembangan pengetahuan baik pengetahuan deklaratif maupun pengetahuan prosedural, dimana teknik, metode dan pendekatan yang dikembangkan didalamnya haruslah mengacu pada kurikulum yang sedang berlaku, Belum terpenuhi perannya ketika Pembelajaran bahasa Arab diberlakukan untuk kelas 1 di sekolah dasar islam terpadu (SDIT) yang ditetapkan kurikulumnya oleh jaringan sekolah islam terpadu (JSIT). Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar buku teks yang sesuai dengan kurikulum JSIT yang juga disesuaikan dengan perkembangan bahasa siswa kelas 1. Adapun buku teks disajikan dalam dua unit buku yaitu buku siswa dan buku guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang digunakan sebagai langkah untuk menghasilkan produk tertentu. Adapun langkah-langkang yang dilakukan adalah menganalisis kebutuhan, design pembelajaran, pengembangan produk, validasi ahli materi dan design, revisi design, uji coba lapangan, revisi produk, dan produk akhir. Proses validasi dilakukan dengan empat validator ahli, yaitu dua validator untuk ahli design dan dua validator untuk ahli materi.Ujicoba lapangan dilaksanakan di kelas 1b SDIT Salman Alfarisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angkat dan tes, sedangkan analisis data dilakukan dengan dua tahapan yaitu data kuantitatif dengan skala likert yang dianalisis proporsinya (frekuensinya) dan data kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, rerata penilaian ahli design terhadap kelayakan tampilan buku teks yang dikembangkan adalah 4,43 , menurut tabel data konversi data kuantitatif ke data kualitatif skala lima, nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat baik, adapun rerata penilaian Ahli design terhadap kelayakan penyajian buku teks yang dikembangkan adalah 4,27 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Rerata oleh ahli Materi, diketahui total untuk aspek isi/materi adalah 4, yang termasuk dalam kategori baik. Sedangkan rerata total untuk aspek pembelajaran adalah 4,1, yang termasuk dalam kategori baik. Hasil dari ujicoba palangan dan kepuasan siswa diketahui bahwa hasilnya adalah 92\%, yang termasuk dalam kategori sangat puas. Secara keseluruhan hasil dari penelitian dan pengembangan ini bahwa buku teks bahasa Arab yang dikembangkan layak untuk digunakan siswa kelas I SDIT.} }