TY - THES N1 - Dr. Ustadi Hamzah, M. Ag ID - digilib21461 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21461/ A1 - AKHMAD SYAIFULLOH, SPDI, NIM. 1420411081 Y1 - 2016/06/28/ N2 - Penelitian ini diawali dari beberapa permasalahan. pertama, pendidikan Islam saat ini terkesan hanya mengedepankan kognitif (aqliyyah), padahal dalam pendidikan Islam tidak hanya nilai kognitif (aqliyyah) yang harus ditanamkan, masih ada pendidikan ruhani, akhlak dan sebagainya. Kedua, Pendidikan Islam (tarbiyah Islamiyah) seharusnya memuat berbagai aspek pengembangan manusia seperti, pendidikan rohani (tarbiyah ruhiyyah), pendidikan akhlak (tarbiyah kholuqiyyah), pendidian intelektual (tarbiyyah aqliyyah), pendidian fisik (tarbiyah jasadiyyah), pendidikan agama (tarbiyah diiniyyah), pendidikan sosial (tarbiyyah ijtimaa?iyyah), pendidikan politik (tarbiyah siyaasiyyah), pendidikan jihad (tarbiyah jihadiyyah), pendidikan estika dan keindahan (tarbiyah jamaliyyah). Ketiga, pendidikan ruhani hal yang mendasar dalam pendidikan Islam, tetapi masih sangat sedikit sekali yang meneliti, baik diteliti oleh cendikiawan muslim atau diluar muslim. Ketiga, Gülen sebagai tokoh yang besar saat ini, bahkan pada tahun 2008 dijadikan tokoh paling berpengaruh mencoba memasukan nilai-niali pendidikan ruhani dalam setiap sekolah yang didirikanya. Keempat, lembaga pendidikan Gülen yang mendunia dicatat di Indonesia ada 10 sekolah bukan hanya berprestasi dalam tingkat Nasional bahkan tingkat internasional. Oleh sebab itu menjadi penting mengkaji konsep pendidikan ruhani Gülen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka (Ribrary Research). Penelitian ini bersifat diskriptif. Tenik pengumpulan data adalah dokumentasi, dengan melihat dokumen berupa buku, artikel, jurnal dan penelitian lain yang telah membicarakan tentang Gülen. Sementara teknik analisinya adalah analisis diskriptif-analitis, yang terdiri dari reduksi data, display data kemudian verifikasi data. Penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik Georg Gadamer dan sejarah. Hasil penelitian ini memperoleh dua kesmipulan. Pertma, menunjukan bahwa Gülen membangun konsep pendidikan ruhaninya berdasarkan empat konsep dasar. konsep cinta dan toleransi (love and tolerance), shakhs-I manevi (spiritual personal), Sohbet (ngobrol-ngobrol), hismet (Pelayanan). konsep konsep cinta dan toleransi (love and tolerance) menjadi dasar dari shakhs-i manve, sohbet, hismet. Kedua, konsep pendidikan ruhani Gülen berimplikasi pada sistem pendidikan Islam. Implikasi dalam sistem pendidikan Islam bisa dilhat dari tujuan pendidikan Islam, pendidik dalam Islam, peserta didik dalam Islam, metode dalam pendidikan Islam, kurikulum dalam pendidikan Islam dan evaluasi dalam pendidikan Islam. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pendidikan ruhani Gülen KW - implikasi KW - pendidikan Islam M1 - masters TI - KONSEP PENDIDIKAN RUHANI MUHAMMAD FETHULLAH GÜLEN DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM AV - restricted ER -