eprintid: 21462 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/14/62 datestamp: 2016-08-05 03:03:41 lastmod: 2016-08-05 03:03:41 status_changed: 2016-08-05 03:03:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IFDA INDRIAWAN, SPDI, NIM. 1420411087 title: INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Internalisasi Nilai-nilai Karakter, Bimbingan konseling abstract: IFDA INDRIAWAN. Internalisasi Nilai-Nila Karakter pada pelaksanaan Bimbingan Konseling SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta : Progam Pascasarjana, Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi urgensinya pendidikan karakter di Indonesia. Beberapa hal yang menjadi keprihatinan adalah semakin menurunnya nilai-nilai karakter, hal ini ditandai dengan rusaknya moral generasi muda, mulai dari tawuran anatar pelajar, pembunuhan, seks bebas dan lain-lain. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi dekadensi moral generasi muda diantaranya adalah pencanangan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan baik formal maupun non formal. Unit Bimbingan Konseling SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta adalah unit yang urgen pendidikan yang peduli terhadap pendidikan karakter. Kepedulian itu oleh Bimbingan Konseling diwujudkan dengan pembinaan peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan nilai-nilai karakter. Faktor yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti pendidikan karakter di Bimbingan Konseling adalah karena pembinaan karakter yang paling baik yang dimiliki sekolah adalah hanya sebagai tempat pembinaan peserta didik saja. Dengan anggapan tersebut peneliti ingin mengungkap bahwa Bimbingan Konseling yang dimiliki sekolah adalah sangat penting perannya untuk pembinaan karakter peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar unit Bimbingan Konseling SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snawball sampling. Metode pengumpulan datanya adalah in dept interviews, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data diskriptif yang dikembangkan oleh Milles dan Hubberman yang mencakup tiga kegiatan bersamaan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi Internalisasi Nilai-nilai pendidikan karakter di Bimbingan Konseling adalah perencanaan program, pelaksanaan program, evaluasi program, tindak lanjut program. Teknis pelaksanan: Menggunakan layanan secara klasikal, pelaksanaan layanan bimbingan konseling secara kelompok, layanan bimbingan secara perorangan dan kegiatan ekstrakurikuler 2). internalisasi yang ditanamkan melalui Bimbingan Konseling adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. 3). Faktor pendukung adalah lingkungan yang kondusif, komunikasi yang harmonis, sarana dan prasarana yang memadai, komitmen orang tua/wali siswa, dan kerjasama dengan warga besar sekitar, faktor penghambat implementasi nilai-nilai karakternya adalah heterogenitas siswa, keterbatasan waktu pembimbing, koordinasi pengurus yang belum optimal, kondisi internal pribadi siswa, tayangan negatif media elektronik, dan pengaruh budaya luar yang tidak sejalan dengan nilai-nilai pendidikan karakter. date: 2016-06-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA thesis_type: masters thesis_name: other citation: IFDA INDRIAWAN, SPDI, NIM. 1420411087 (2016) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21462/2/1420411087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21462/1/1420411087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf