%A NIM. 1420411106 KARIMAH NUR FITRIA SSOS I %O Dr. Hj. Sriharini, M.Si. %T LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMK/SMF “INDONESIA” YOGYAKARTA %X KARIMAH NUR FITRIA, Layanan Bimbingan Karir dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa di SMK/SMF "INDONESIA" Yogyakarta: Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Jurusan Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usia remaja di SMK merupakan proses mematangkan karir dalam perencanaan karir hidup. Bimbingan dan Konseling sebagai lembaga pendidikan merupakan salah bentuk upaya dalam mendampingi dan membantu pemilihan arah karir siswa sesuai dengan potensi diri yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bersifat Deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling, dan siswa atau peserta didik kelas XII SMK/SMF "INDONESIA" Yogyakarta berjumlah 145 orang. Obyek penelitian ini adalah implementasi, dampak dan faktor pendukung serta faktor penghambat layanan bimbingan karir dalam meningkatkan perencanaan karir siswa di SMK/SMF "INDONESIA" Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, Implementasi layanan bimbingan karir dalam meningkatkan perencanaan karir siswa diawali dengan langkah persiapan bimbingan karir, langkah pelaksanaan bimbingan karir, dan langkah evaluasi bimbingan karir. Kedua, dampak dari layanan bimbingan karir dalam meningkatkan perencanaan karir siswa adalah 1) Siswa lebih memahami diri sendiri terkait minat karir yang dipilih, 2) Menumbuhkan keyakinan dan usaha dalam kesiapan siswa memilih karir secara lebih matang, 3) Menambah wawasan siswa tentang dunia kerja dan jenjang perguruan tinggi, dan 4) Mendekatkan diri kepada Tuhan YME dalam setiap keputusan karir yang diambil siswa. Ketiga, 1)Faktor pendukung dalam bimbingan karir yang diselenggarakan meliputi; dukungan semua komponen, kebijakan sekolah, partisipasi siswa, banyaknya kerjasama sekolah dengan pihak lain. Sedangkan untuk perencanaan siswa dari faktor internal meliputi niat, Usaha, dan Do’a. Faktor eksternal meliputi dukungan orang tua, relasi yang banyak, nama sekolah, banyaknya informasi yang diterima baik untuk karir bekerja maupun karir untuk kuliah. 2)Faktor penghambat meliputi status SMK, aturan baru mengenai lulusan dari SMK farmasi, tidak ada jadwal reguler, kurangnya tingkat keterlibatan semua komponen sekolah, sarana dan prasarana yang tidak mendukung. Sedangkan hambatan bagi siswa sendiri meliputi Siswa masing merasa bingung, Orang tua yang tidak mendukung pilihan karir anak, Siswa yang terlalu pemilih dalam memilih karir, Siswa meniru-niru teman dalam pemilihan karir, Management waktu belajar kurang, Merasa kurang percaya diri, Sikap malas, Belum bisa membedakan antara bakat dan minat, dan Terpengaruh dengan gadget. %K Bimbingan Karir, Perencanaan Karir %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib21469