%A NIM. 1420411108 EFRINDA NELI NUR’AINI SPDI %O Dr. Zamzam Affandi, M.Ag %T PROBLEMATIKA MAHĀRAH AL-KITABAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII MTS N SLEMAN %X Efrinda Neli Nur’aini : Problematika Mahārah Al-Kitābah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas Vii Mts N Sleman, Tesis, Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan. Penelitan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, yaitu pendekatan yang dilakukan dari sudut pandang ilmu pendidikan dengan analisis deskriptif. Dan untuk data sifatnya kualitatif, penulis menggunakan metode induktif yaitu suatu proses berfikir untuk memperoleh kesimpulan dari data khusus menuju kesimpulan umum, sehingga peneliti dapat mengolah dan menganalisis data-data yang ditemukan untuk menemukan problematika Mahārah Al-Kitābah apa yang dihadapi serta upaya apa yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika tersebut. Hasil penelitian menunjukan: 1). Problematika pembelajaran Mahārah Al- Kitābah di kelas VII MTs Negeri Sleman Maguwoharjo yaitu peserta didik kesulitan dalam menulis huruf-huruf hijaiyah dengan bentuk yang berbeda-beda, kurang mengerti dalam membedakan huruf mana yang ditulis diatas garis dan dibawah garis, kesulitan dalam menyambung huruf-huruf hijaiyah, kesulitan dalam menulis huruf yang hampir sama pengucapannya. Latar belakang yang berasal dari sekolah umum (SD), kurang adanya dukungan orang tua, kurang adanya minat dan motivasi dalam belajar bahasa Arab. Sedangkan problematika yang dialami guru yaitu kurangnya alokasi waktu untuk pembelajaran mahārah al-kitabah. 2). Usaha yang telah dilakukan adalah menumbuhkan motivasi peserta didik, memberi pencerahan kepada peserta didik dengan menjelaskan dan mendorong siswa agar tidak menganggap belajar bahasa Arab khususnya Mahārah Al-Kitābah itu sulit, menumbuhkan minat dan semangat peserta didik. Peserta didik berusaha selalu belajar di kelas ataupun di rumah, peserta didik selalu berusaha mengikuti pelajaran bahasa Arab khususnya berlatih menulis dengan serius. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib21476