%0 Thesis %9 Masters %A RISTIN NAFSUL MUTMAINAH, SPDI, NIM. 1420411131 %B PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA %D 2016 %F digilib:21485 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengembangan Diri, Supervisi Akademik & Kinerja Guru PAI %T PENGARUH PENGEMBANGAN DIRI MELALUI PERTEMUAN KKGPAI DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU PAI SD NEGERI SE KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21485/ %X Ristin Nafsul Mutmainah. Pengaruh Pengembangan Diri Melalui Pertemuan KKGPAI dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru PAI SD Negeri Se Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Tesis. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Perkembangan teknologi informasi begitu pesat pada masa sekarang ini. Hal ini sangat berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan.Upaya penting yang telah dilaksanakan oleh pemerintah berkaitan dengan peningkatan mutu serta relevansi pendidikan salah satunya adalah pengembangan diri dari seorang guru dan pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah. Guru-guru PAI SD Negeri se kecamatan Jatinom terlihat memiliki motivasi untuk memperbaiki diri, yaitu tidak sedikit yang berantusias mengikuti program Kerja Kelompok Guru PAI atau yang disebut KKGPAI. Terlihat juga beberapa SD telah melaksanakan supervisi akademik oleh kepala sekolahnya, dengan hasil supervisi yang lumayan baik. Pelaksanaannya, kepala sekolah secara berkala sebagian telah melakukan kunjungan kelas, dan rapat sekolah. Kedua peningkatan tersebut apabila dilaksanakan dengan maksimal diharapkan akan membawa dampak positif terhadap peningkatan kinerja. Penelitian ini dilakukan di SD negeri wilayah kecamatan Jatinom melalui organisasi KKG PAI kec. Jatinom. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru PAI SD Negeri se kecamatan Jatinom, yang berjumlah 35 orang. Sehingga teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Variabel penelitian meliputi pengembangan diri melalui KKGPAI (X1), supervisi akademik (X2), dan kinerja guru PAI (Y). Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda yaitu analisisnya dengan membandingkan nilai t hitung dengan t tabel , dan F hitung dengan F tabel. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Terdapat pengaruh yang kuat positif antara pengembangan diri melalui KKGPAI terhadap kinerja guru PAI, dibuktikan dengan persamaan regresi sederhana, Ỳ = 76,48 + 0,509 X, koefisien korelasi (r) = 0,749, koefisien determinasi (r2) = 0,560 yang artinya sebesar 56% variabel ini mempengaruhi kinerja guru PAI. Uji signifikasi dengan taraf 5% diperoleh nilai t hitung t tabel, (6,49 2,035), uji linier diperoleh nilai F hitung F tabel, (42,16 4,14). (2) Terdapat pengaruh yang cukup positif antara supervisi akademik terhadap kinerja guru PAI dibuktikan dengan regresi linier sederhananya adalah Ỳ = 86,16 + 0,599 X, koefisien korelasi (r) sebesar 0,559, koefisien determinasi sebesar 0,312 yang artinya sebesar 31,2% variabel ini mempengaruhi kinerja guru PAI. Uji signifikasi dengan taraf 5% diperoleh nilai t hitung t tabel, (3,870 2,035), uji linier diperoleh nilai F hitung F tabel, (42,06 4,14). (3) Terdapat pengaruh yang kuat positif antara pengembangan diri melalui KKGPAI dan supervisi akademik secara simultan terhadap kinerja guru PAI, dibuktikan dengan persamaan regresi ganda, Ỳ = 70,36 + 0,427.X1 + 0,250.X2, koefisien korelasi (r) = 0,775, koefisien determinasi (r2) = 0,600 yang artinya sebesar 60% kedua variabel ini secara simultan mempengaruhi kinerja guru PAI. Uji signifikasi dengan Uji F taraf 5% diperoleh nilai F hitung F tabel, (24,00 3,29). %Z Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd