@mastersthesis{digilib21487, month = {June}, title = {BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS VIII MTS AL-HIDAYAH KARANGPUCUNG CILACAP}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 1420411133 LUTFI FAISHOL}, year = {2016}, note = {Dr. Hj, Sri Harini, M.Si}, keywords = {Bimbingan Kelompok, Self Esteem}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21487/}, abstract = {LUTFI FAISHOL, S.Sos.I (1420411133) Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas VIII MTs Al-Hidayah Karangpucung Tahun 2015/2016. Tesis, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016 Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Karangpucung mengindikasikan gejala self esteem rendah, dalam permasalahan penampilan sosial, masalah akademik dan olahraga. Bagi peserta didik yang memiliki self esteem (harga diri) rendah, perilakunya cenderung negatif dan tidak mudah menyesuaikan diri atau canggung dengan lingkungannya yang baru karena takut temannya tidak dapat menerima keadaannya. Permasalahan akademik peserta didik ditunjukan dengan kurangnya percaya diri dalam mengekspresikan/ mengungkapkan pendapat yang dimilikinya. Beberapa peserta didik bahkan menganggap bahwa dia diasingkan temannya dan merasa bahwa dia tidak berharga di depan teman-temanya. Dalam rangka untuk meningkatkan self esteem siswa MTs Al-Hidayah Karangpucung maka dilaksanankan layanan bimbingan kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi bimbingan kelompok dalam meningkatkan self esteem, serta mengetahui kondisi self esteem siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Karangpucung setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitan lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, dengan metode observasi bersifat partisipan dengan mengikuti pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, dokumentasi, wawancara pada guru dan informan, dan dokumentasi data madrasah dan layanan BK. Subjek penelitian guru bk, siswa kelas VIII. Metode analisis dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi bimbingan kelompok dalam meningkatkan self esteem siswa dilakukan dengan mendeskripsikan betuk bimbingan kelompok dan tahap-tahap pelaksanaan bimbingan kelompok. Bentuk bimbingan kelompok yaitu diskusi kelompok dengan topik tugas. Sedangkan Tahap-tahap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi tindak lanjut, laporan. 2) Kondisi self eteem siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Karangpucung meningkat setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok secara rutin. Adapun karakteritik atau tanda siswa dengan self esteem tinggi yaitu: dapat menghargai diri, mampu dengan tantangan dan perubahan, humoris, nertanggung jawab, tegas, efisien, dan merasa memiliki.} }