<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENANAMAN KARAKTER\r\nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA"^^ . "Tri Pariyatun, Penanaman Karakter Dalam Program Kemandirian Anak Tunagrahita Jenjang SMA-LB di SLB \r\nTunas Kasih 2 Turi Sleman Yogyakarta. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan \r\nKalijaga Yogyakarta, 2016.\r\nPenelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang \r\nsistem pendidikan Nasional pada pasal 5 ayat 2 yang menyatakan bahwa: \"Warga Negara yang memiliki \r\nkelainan fisik, emosional, mental, intelektual maupun sosial berhak memperoleh pendidikan khusus\". \r\nLembaga pendidikan tersebut dituntut bukan hanya bertanggung jawab dalam pemberian pengetahuan \r\nterhadap peserta didik, akan tetapi juga dalam pembentukan karakter pribadi anak (character \r\nbuilding). Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan \r\nNasional bahwa Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi \r\nmanusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, \r\ncakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. \r\nUndang-undang tersebut menggambarkan betapa pentingnya pendidikan karakter bagi anak, baik anak itu \r\nnormal maupun anak tidak normal.\r\nBerdasarkan Undang-Undang tersebut di atas, dapat peneliti jadikan dasar terhadap pelaksanaan \r\npendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, terutama kepada anak tunagrahita di SMA-LB Tunas Kasih 2 \r\nTuri Sleman Yogyakarta, untuk mendapatkan pendidikan yang layak seperti halnya anak-anak normal \r\nlainnya. Sehingga dengan demikian diharapkan tidak adanya tindakan diskriminasi antara mereka \r\ndengan anak yang normal. Serta terwujudnya tujuan dari pendidikan luar biasa yang sesuai dengan \r\nnilai-nilai karakter mampu mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai peribadi \r\nmaupun anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal-balik dengan lingkungan sosial budaya \r\ndan alam sekitar serta dapat mengembangkan kemampuan dalam dunia kerja atau mengikuti pendidikan \r\nlanjutan. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di SMA-LB Tunas Kasih 2 Turi Sleman \r\nYogyakarta. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara umum mengenai \r\nPenanaman Karakter dalam Program Kemandirian Anak Tunagrahita Bagi Siswa SMA-LB Tunas Kasih 2 Turi \r\nSleman Yogyakarta yang menyandang kekurangan fisik tunagrahita, serta menguraikan program \r\nkemandirian apa saja yang ditanamkan beserta nilai-nilai apa saja yang terdapat dalam program \r\nkemandirian tersebut, serta menguraikan tentang faktor penghambat dan pendukung dalam proses \r\npenanaman karakter tersebut.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diarahkan kepada lapangan (field research). \r\nJenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan \r\ndokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan psikologi pendidikan. \r\nDimana psikologi pendidikan berusaha menjelaskan masalah-masalah dalam pendidikan\r\nix\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nyang dialami oleh peserta didik mulai dari perilaku peserta didik khususnya yang berhubungan dengan \r\nkarakter anak tunagrahita untuk meningkatkan kemandirian di lingkungan sekolah maupun di masyarakat \r\nyang di dalamnya meliputi interaksi antara guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta \r\ndidik, maupun peserta didik dengan masyarakat atau lingkungan.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter dalam program kemandirian anak \r\ntunagrahita dikembangkan melalui tahap pemberian Pengetahuan Moral (Moral Knowing), Perasaan Moral \r\n(Moral Feeling), Tindakan Moral (Moral Action). Adapun dilakukan melalui metode Hiwar (Percakapan), \r\nmetode Qishah (Cerita), metode Amtsal (Perumpamaan), metode Uswah (Keteladanan), metode \r\nPemmbiasaan, metode Mau’idah, metode Targhib dan Tarhib (Janji dan Ancaman), metode ikon dan \r\nAfirmasi, metode pembelajaran kooperatif, metode Reward, dan penguatan. Hasil dari penanaman \r\nkarakter dalam program kemandirian yang ditanamkan kepada siswa di SMA-LB Tunas Kasih 2 Turi Sleman \r\nYogyakarta adalah terdiri dari 18 karakter sebagaimana yang dicanangkan oleh Kemendiknas. Sedangkan \r\nprogram kemandirian anak tunagrahita meliputi Vocational Therapy (Terapi Bekerja), Life Skill \r\n(Keterampilan Hidup), Activity Daily Living (ADL) atau Kemampuan Merawat Diri, dan prinsip \r\nmotivasi. Meskipun masih terdapat beberapa faktor penghambat yang muncul dalam proses penanaman \r\nkarakter dalam program kemandirian yang ditanamkan kepada siswa di SMA-LB Tunas Kasih 2 Turi Sleman \r\nYogyakarta. Kontribusi dari penanaman karakter bagi siswa tunagrahita di SMA-LB Tunas Kasih 2 Turi \r\nSleman Yogyakarta pada dasarnya melahirkan karakter, seperti religius, jujur, mandiri, tanggung \r\njawab, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, kreatif, menghargai prestasi, gemar membaca, \r\nbersahabat/komunikatif, toleransi, demokrasi, peduli lingkungan, peduli sosial, semangat \r\nkebangsaan, cinta tanah air, dan cinta damai."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420411160"^^ . "TRI PARIYATUN, SPDI"^^ . "NIM. 1420411160 TRI PARIYATUN, SPDI"^^ . . . . . . "PENANAMAN KARAKTER\r\nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PENANAMAN KARAKTER\r\nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "1420411160_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENANAMAN KARAKTER\r\nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENANAMAN KARAKTER\r\nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENANAMAN KARAKTER\r\nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENANAMAN KARAKTER\r\nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENANAMAN KARAKTER\r\nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENANAMAN KARAKTER\r\nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENANAMAN KARAKTER\r\nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENANAMAN KARAKTER\r\nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21490 \n\nPENANAMAN KARAKTER \nDALAM PROGRAM KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA JENJANG SMA-LB DI SLB TUNAS KASIH 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .