eprintid: 21492 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/14/92 datestamp: 2016-08-05 06:37:36 lastmod: 2016-08-05 06:37:36 status_changed: 2016-08-05 06:37:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ADNAN, NIM. 1420411173 title: PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI BULLYING SISWA (STUDI SMP X KRETEK BANTUL) ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Peran, Guru Bimbingan Konseling, Bullying note: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D. abstract: Bullying di sekolah merupakan satu perilaku destruktif dan amoral yang harus diselesaikan oleh guru Bimbingan Konseling (BK). Sebab, bullying dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar (KBM), patologis yang sudah mendarah daging di kalangan remaja di sekolah, guru BK memiliki peran penting sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai konselor di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru BK dalam mengatasi bullying siswa di SMP Unggulan Muhammmadiyah Kretek Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologis dengan sampel snowball. Subyek dalam penelitian ini seorang guru BK, empat pelaku dan lima korban bullying. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, peran guru BK dalam mengatasi perilaku bullying siswa dilakukan dengan cara, yaitu memberikan layanan klasikal, layanan individual, layanan informasi, bimbingan individual dan kelompok, konseling individual dan kelompok, tindakan preventif dan kuratif. Kedua, dampak perilaku bullying bagi pelaku dan korban, yaitu pelaku: merasa bersalah, terlibat perkelahian, tidak disiplin, kurang berempati, mudah marah, berwatak keras, dan cenderung agresif. Adapun bagi korban yaitu: mengisolasi diri, minder, menjadi pemalas, prestasi menurun, takut bergaul, dan menjadi pelaku. Ketiga, langkah-langkah yang dilakukan guru BK dalam mengatasi perilaku bullying, yaitu mengidentifikasi masalah, memberikan layanan BK, memberikan hukuman kedisiplinan, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, dan melakukan pengawasan. date: 2016-06-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA thesis_type: masters thesis_name: other citation: ADNAN, NIM. 1420411173 (2016) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI BULLYING SISWA (STUDI SMP X KRETEK BANTUL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21492/2/1420411173_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21492/1/1420411173_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf