<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \r\nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA"^^ . "Ridho Tri Suryono,Implementasi Pembelajaran PAI dengan Strategi\r\nPembelajaran Aktif pada Program Baitul Arqam Tahun Ajaran 2015/2016 di\r\nUniversitas Muhammadiyah Surakarta,Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana\r\nUIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1)\r\nPelaksanaan pembelajaran PAI dengan strategi pembelajaran aktif di UMS\r\nsurakarta,2)Kesesuaian antara konsep dalam Rencana Mutu Pembelajaran di UMS\r\ndengan pelaksanaan di lapangan,3) Faktor pendukung dan penghambat selama\r\nproses pembelajaran berlangsung.\r\nJenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field\r\nreserch).Pemilihan subyek dilakukan dengan purposif sampling yaitu Kabag\r\nBaitul Arqam , Para Fasilitator dan mahasiswa UMS. Pengumpulan data dengan\r\nwawancara, dokumentasi, dan observasi.Proses analisis data yaitu: Reduksi Data,\r\nPenyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.\r\nHasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran PAI\r\npada program Baitul Arqam Studi Islam 1 di Pondok Hajjah Nuriyah Sobron\r\ndilaksanakan selama 4 hari tiga malam. Namun, pembelajaran yang menggunakan\r\nmetode pembelajaran aktif hanya pada waktu materi pagi hingga sore.Yaitu mulai\r\npukul 07.30 WIB hingga 16.45 WIB.Selama 4 hari itu terdapat 14 materi yang\r\ndijelaskan dengan 14 metode pembelajaran aktif juga.Pada Studi Islam 1 semester\r\n1 tahun ajaran 2015/2016tiap kelas hanya didampingi oleh 2 fasilitator. 2) Proses\r\npembelajaran PAI di kelas dalam prakteknya belum 100 % sesuai konsep yang\r\ntertuang dalam Rencana Mutu Pembelajaran (RMP). Di lapangan diperoleh data\r\nbahwa ada materi dan metode yang tidak tersampaikan dalam pembelajaran\r\nkarena masalah manajemen waktu.Di antara 14 materi yang ada, 13 materi\r\ntersampaikan secara tuntas dengan metode pembelajaran aktif, da nada satu materi\r\nyang tidak disampaikan. 3) Di antara faktor yang menjadi penunjang\r\npembelajaran PAI pada program ini adalah fasilitator yang berpengalaman,\r\nmetode pembelajaran yang mapan, sarana prasarana yang menunjang, dan adanya\r\ngame–game/ice breaking selama proses pembelajaran. Selanjutnya faktor utama\r\nyang menjadi kendala atau hambatan selama ini bagi fasilitator adalah manajemen\r\nwaktu yang mengakibatkan materi tidak tersampaikan secara tuntas.Masalah\r\nlainya adalah inkosistensi dalam penggunaan metode pembelajaran oleh sebagian\r\nfasilitator, belum maksimalnya penggunakan media pembelajaran visual maupun\r\naudio-visual dan selanjutnya adalah masalah perbedaan persepsi fasilitator dalam\r\nmenyikapi kasus atau permasalahan.Untuk mengatasi permasalahan tersebut pihak\r\nLPIK secara kontinyu memberikan pembinaan terhadap fasilitator secara berkala\r\nuntuk meningkatkan kapasitas keilmuan para fasilitator dan mengevalusi program\r\ntersebut."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420411180"^^ . "RIDHO TRI SURYONO, SPDI"^^ . "NIM. 1420411180 RIDHO TRI SURYONO, SPDI"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \r\nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (Text)"^^ . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \r\nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (Text)"^^ . . . "1420411180_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \r\nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \r\nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \r\nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \r\nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \r\nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \r\nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \r\nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \r\nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21493 \n\nIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PROGRAM BAITUL ARQAM TAHUN \nAJARAN 2015/2016 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .