eprintid: 2150 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/21/50 lastmod: 2012-05-04 16:42:10 status_changed: 2012-05-04 16:42:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MURNIYATI NIM. 02421397, title: PROBLEMATIKA TARJAMAH TEKS BAHASA ARAB DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB SISWA MARHALAH II MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA ispublished: pub full_text_status: none keywords: Problematika, Tarjamah, Teks, Bahasa Arab note: Pembimbing : Drs. Nazri Syakur MA, abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses belajar mengajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri serta mengetahui problem-problem yang dihadapi Siswa Marhalah II dalam menterjemahkan teks Bahasa Arab ke dalam, Bahasa Indonesia. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan. Sedangkan untuk pengumpulan data Penulis mengadakan observasi, wawancara, tes dan angket. Adapun data yang diperoleh bersumber dari Kepala Madrasah, Pengurus, Guru Bahasa Arab dan Siswa Marhalah II Selain itu juga dari data - yang berupa dokumen-dokumen dan literatur-literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses belajar mengajar Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri telah berjalan cukup baik, adapun hal yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan dan perkembangan belajar siswa adalah adanya motivasi dan minat siswa yang cukup antusias terhadap proses pembelajaran Bahasa Arab serta adanya lingkungan Madrasah yang sangat mendukung. Walau demikian masih ada beberapa proiblemtika yang dihadapi siswa dalam hal terjemah, diantaranya yaitu kurangnya siswa dalam memperhatikan bahasa. yang biasanya dipakai oleh orang Arab dan kurangnya Siswa menguasai kaidah-kaidah penerjemahan Bahasa Arab sehingga Siswa menemui problem ketika harus menerjemahkan kalimat Bahasa Arab baik yang berkaitan dengan, linguistik maupun non linguistik. Untuk usaha yang dilakukan yaitu: (1) Mengelompokan Siswa sesuai dengan kemampuan dasar Bahasa Arab masing-masing, hal ini dilakukan mengingat asal sekolah Siswa yang beragam otomatis kemampuan bahasanya berbeda-beda. (2) Mengadakan evaluasi secara berkala untuk materi yang telah diajarkan. (3) Guru menunjukan persamaan-persamaan dan perbedaan- perbedaan antara Bahasa Arab dan Bahasa yang dikuasai sebelumnya. date: 2009-05-12 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-12 11:36:10 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--murniyatin-1854-1-murniyat-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/38/digilib-uinsuka--murniyatin-1854-1-murniyat-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2228 ; nama file lama : MURNIYATI 02421397 PROBLEMATIKA TARJAMAH TEKS BAHASA ARAB DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB SISWA MARHALAH II MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 758418 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-12 11:36:10 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--murniyatin-1854-1-murniyat-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/38/digilib-uinsuka--murniyatin-1854-1-murniyat-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2228 ; nama file lama : MURNIYATI 02421397 PROBLEMATIKA TARJAMAH TEKS BAHASA ARAB DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB SISWA MARHALAH II MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 758418 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: MURNIYATI NIM. 02421397, (2009) PROBLEMATIKA TARJAMAH TEKS BAHASA ARAB DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB SISWA MARHALAH II MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.