eprintid: 21568 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/15/68 datestamp: 2016-08-10 01:26:42 lastmod: 2016-08-10 01:26:42 status_changed: 2016-08-10 01:26:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fajriati Dwi Lestari, NIM : 12480009 title: IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Nilai-nilai Karakter, Pembelajaran Tematik. note: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd selaku abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik, nilai-nilai karakter yang dikembangkan serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik kelas IV B MIN Tempel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian siswa-siswi kelas IV B dan wali kelas serta kepala madrasah guna mendukung data. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Tempel Ngaglik Sleman pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 (Desember 2015-Maret 2016). Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi nilai-nilai karakter meliputi perencanaan dan pelaksanaan. Dalam perencanaan pembelajaran terdiri atas silabus dari dinas/pemerintah dan RPP yang dibuat sendiri oleh guru. Sedangkan dalam pelaksanaannya, guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter melalui kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, penilaian, penanaman kedisiplinan, pembiasaan dan keteladanan. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan guru dalam pembelajaran tematik diperoleh nilai-nilai karakter yang sering muncul nilai-nilai karakter lain yang jarang muncul. Fakor pendukung dalam implementasi nilai-nilai karakter adalah madrasah melalui kegiatan dan fasilitas, guru melalui keteladanan, strategi pembelajaran, media dan sumber belajar. Faktor penghambat adalah lingkungan, peserta didik dan waktu. date: 2016-06-26 date_type: published pages: 232 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fajriati Dwi Lestari, NIM : 12480009 (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21568/1/12480009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21568/2/12480009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf