<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG\r\nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN\r\nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM"^^ . "M. Nuril Anwar. Pemikiran Hasan Langgulung tentang Konsep\r\nPengembangan Kepribadian Peserta Didik dan Relevansinya terhadap Pendidikan\r\nAgama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas\r\nIlmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.\r\nLatar belakang penelitian ini berawal dari permasalahan pelaksanaan\r\nPendidikan Agama Islam di lembaga sekolah yang berorientasi kepada\r\npembentukan dan pengembangan kepribadian peserta didik, namun pada\r\npelaksanaannya masih menekankan pada proses kognitif saja. Akibatnya hasil dari\r\npendidikan menjadikan peserta didik kurang bermoral. Hal tersebut dibuktikan\r\ndengan berbagai macam kenakalan dari kenakalan biasa hingga tingkat ekstrem.\r\nOleh karena itu permasalahan tersebut perlu mendapat perhatian yang serius.\r\nPemikiran Hasan Langgulung sangat relevan dengan orientasi Pendidikan Agama\r\nIslam tersebut. Pemikirannya telah mampu menerobos dan memberikan solusi\r\natas permasalahan yang sedang berusaha dicari problem solving-nya. Berangkat\r\ndari permasalahan tersebut yang menjadi permasalahan adalah bagaimana\r\npemikiran Hasan Langgulung tentang konsep pengembangan kepribadian peserta\r\ndidik dan bagaimana relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berdasarkan studi\r\nkepustakaan (Library Research) dengan mengambil subyek seorang tokoh\r\npemikir kontemporer abad ke-20 dan 21, yakni Hasan Langgulung. Penelitian ini\r\nmenggunakan metode analisis deskriptif. Metode berpikir dalam analisis data\r\npenelitian ini adalah bersifat induktif, yaitu dengan menghimpun dan\r\nmenggabungkan kata-kata khusus menjadi kesatuan informasi. Adapun\r\npendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan psikologi Islam.\r\nHasil penelitian menunjukkan: Pemikiran Hasan Langgulung dalam\r\npengembangan kepribadian peserta didik adalah dengan cara melakukan\r\npendidikan makro dan mikro. Namun sebelum itu , yang dilakukan pertama kali\r\nadalah reorientasi pendidikan Islam karena pendidikan Islam di Indonesia masih\r\nterjebak dengan menggunakan sistem pendidikan para penjajah dan hanya\r\ndisempurnakan dengan pola pikir konvensional yang hanya melengkapi\r\nkekurangannya saja. Oleh karena itu perlu melakukan peralihan paradigma\r\ndengan bentuk Islamisasi sains. Setelah itu harus melakukan restrukturalisasi\r\nkeseluruhan sistem dengan sebaik-baiknya. Kemudian dilanjutkan dengan\r\nmelakukan pendidikan makro dan mikro. Pelaksanaan pendidikan makro dan\r\nmikro ini merupakan inti dari cara pengembangan kepribadian peserta didik.\r\nUntuk mendukung hal tersebut maka perlu adanya pengembangan pendidikan\r\nserta tidak mengesampingkan modernisasi agar peserta didik disamping memiliki\r\nkepribadian yang telah berkembang menjadi karakter juga memiliki sumber daya\r\nmanusia yang unggul. Oleh karenanya perlu adanya penilaian kepribadian kepada\r\npeserta didik secara berkala. Keberhasilan pengembangan kepribadian peserta\r\ndidik ditandai dengan kegemaran peserta didik untuk melakukan amal saleh\r\nhingga menjadi sebuah karakter di dalam dirinya. Relevansi pemikiran Hasan\r\nLanggulung tentang pengembangan kepribadian terhadap Pendidikan Agama\r\nIslam yaitu terletak pada; (1) Tujuan pendidikan. (2) Kurikulum Pendidikan."^^ . "2016-06-07" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10411051"^^ . "M NURIL ANWAR"^^ . "NIM. 10411051 M NURIL ANWAR"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG\r\nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN\r\nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . "PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG\r\nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN\r\nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . "10411051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG\r\nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN\r\nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG\r\nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN\r\nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG\r\nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN\r\nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG\r\nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN\r\nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG\r\nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN\r\nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG\r\nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN\r\nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG\r\nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN\r\nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG\r\nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN\r\nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21580 \n\nPEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG \nTENTANG KONSEP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN \nPESERTA DIDIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP \nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .