relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21588/ title: STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di Kelas II A MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Depok Sleman creator: Fatin Afifah, NIM. 12480024 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Pendidikan merupakan hal yang penting, khususnya pendidikan formal yang dilakukan di sekolah. Pendidikan akan berjalan sesuai tujuan apabila di dalam pembelajaran tersebut menerapkan pengelolaan kelas yang baik. Oleh sebab itu guru wajib memiliki strategi pengelolaan kelas yang baik agar dapat menjadikan pembelajaran menjadi efektif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Di MI Ma’arif Bego khususnya kelas II A merupakan kelas yang aktif dibanding kelas II B dan II C, sehingga diperlukan strategi pengelolaan kelas yang baik. Hal yang perlu dilakukan yaitu meneliti apakah strategi pengelolaan kelas yang dilakukan di kelas II A sudah cukup efektif dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru di kelas II A MI Ma’arif Bego sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa; (2) Faktor apa saja yag menjadi pendukung dan penghambat bagi guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar; dan (3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa melalui strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru di kelas II A MI Ma’arif Bego. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dan Analisis data menggunakan teori Miles and Hubermen yang meliputi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi pengelolaan kelas yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa meliputi penataan tempat duduk, reward and punishmen, dan pendekatan kekuasaan; (2) Terdapat fakor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan kelas, faktor pendukung yaitu ketertarikan siswa terhadap pengajaran yang diberikan. Sedangaan faktor penghambatnya meliputi, kurangnya kesadaran orang tua akan pendidikan anaknya dan kondisi siswa; (3) Peningkatan prestasi belajar siswa kelas II A melalui strategi pengelolaan kelas yang dilakukan yaitu peningkatan dari aspek kognitif, psikomotorik dan afektif, terbukti dengan nilai siswa yang meningkat,tanggung jawab, sosialisasi, kesopanan, dan jiwa kepemimpinan, dari aspek psikomotorik yang ditunjukkan dengan tingkah laku dapat meniru gerakangerakan pada proses pembelajaran. date: 2016-06-01 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21588/1/12480024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21588/2/12480024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21588/3/12480024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21588/4/12480024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Fatin Afifah, NIM. 12480024 (2016) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di Kelas II A MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Depok Sleman. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.