eprintid: 21589 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/15/89 datestamp: 2016-08-11 01:54:04 lastmod: 2016-08-11 01:54:04 status_changed: 2016-08-11 01:54:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARNINDA WIJAYANTI, NIM: 12480028 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA UNTUK MI/SD KELAS VI SEMESTER II DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: pengembangan, LKPD, IPA, keterampilan proses sains note: Mohammad Agung Rokhimawan, M.Pd., abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kualitas LKPD IPA untuk MI/SD kelas VI semester II dengan pendekatan keterampilan proses sains dari beberapa penilaian para ahli, peer reviewer, guru wali kelas, dan respon peserta didik. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (Pendefinisian), tahap Design (Perancangan), tahap Develop (Pengembangan), dan terakhir tahap Disseminate (Penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kualitas produk berupa lembar penilaian kualitas LKPD IPA dan lembar angket respon peserta didik berupa checklist dan lembar saran. LKPD IPA dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli bahasa, 2 peer reviewer, dan 3 pendidik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI MI/SD yang terdiri dari 28 peserta didik. Hasil Penelitian pengembangan LKPD IPA berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi termasuk kedalam kategori B (Baik) sebesar 3,9; berdasarkan ahli media termasuk kedalam kategori SB (Sangat Baik) sebesar 4,35; berdasarkan ahli bahasa termasuk kedalam kategori SB (Sangat Baik) sebesar 4,67; berdasarkan peer reviewer termasuk kedalam kategori SB (Sangat Baik) sebesar 4,64; dan berdasarkan pendidik kelas VI MI/SD termasuk kedalam kategori SB (Sangat Baik) sebesar 4,47. LKPD IPA dalam uji coba lapangan secara keseluruhan memperoleh kategori penilaian “Positif” dengan persentase sebesar 96,43%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD IPA untuk MI/SD kelas VI semester II dengan pendekatan keterampilan proses sains yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu media dalam pembelajaran IPA. date: 2016-04-29 date_type: published pages: 108 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ARNINDA WIJAYANTI, NIM: 12480028 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA UNTUK MI/SD KELAS VI SEMESTER II DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21589/1/12480028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21589/2/12480028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf