eprintid: 2159 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/21/59 lastmod: 2012-05-04 16:42:11 status_changed: 2012-05-04 16:42:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RAHMA NANI NIM. 04410822, title: TINJAUAN PSIKOLOGI HUMANISTIK TERHADAP PEMBELAJARAN FIQH SISWA KELAS XI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA 2007/2008 ispublished: pub full_text_status: none keywords: Psikologi, Humanistik, Pembelajaran, Fiqh, Siswa note: Pembimbing : Drs. Mujahid,M.Ag abstract: ABSTRAK Penelitian ini berawal dari keingin tahuan peneliti terhadap pembelajaran fiqh kelas XI MAN Godean, tentang bagaimana pendekatannya pada siswa melalui teori yang dipakai, dari metode yang digunakan peneliti ingin melihat apakah sejalan dengan teori psikologi humanistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan pembelajaran fiqh siswa kelas XI MAN Godean ditinjau dari psikologi humanistik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MAN Godean Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan pembelajaran fiqh kelas XI MAN Godean dilaksakan dengan metode ceramah, Tanya jawab, drill dan diskusi. (2) Pelaksanaan pembelajaran fiqh di MAN Godean secara umum sudah memenuhi lima aspek. Dilihat melalui metode yang ada yaitu metode ceramah, Tanya jawab, driil dan diskusi ada kesamaan dengan metode pembelajaran yang humanistik yaitu metode silent way, counseling learning dan natural approach. Bila ditinjau dari segi humanistik, pembelajaran fiqh yang ada di MAN Godean tersebut bisa dilakukan dengan empat pendekatan, yaitu: self esteem approach, creatifity approach, value and moral development approach dan multiple talent approach. Keempat metode tersebut telah mewarnai pembelajaran fiqh di MAN Godean. (3) Unsur-unsur Pendukung yang Memungkinkan Adanya Penerapan Psikologi Humanistik pada Pembelajaran Fiqh kelas XI MAN Godean. Yaitu adanya modal dari guru, dapat dilihat dari segi perhatian, metode pengajaran, sikap guru terhadap kesalahan siswa, empati terhadap perasaan siswa dan sikap terbuka dalam menanggapi perbedaan pendapat. Modal dari siswa dapat dilihat dari faktor perasaan, tanggung jawab, intelek, dan aktualisasi diri dari siswa. date: 2009-05-12 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-12 13:13:56 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--rahmananin-1863-1-rahmana-8.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/38/digilib-uinsuka--rahmananin-1863-1-rahmana-8.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2237 ; nama file lama : RAHMA NANI 04410822 TINJAUAN PSIKOLOGI HUMANISTIK TERHADAP PEMBELAJARAN FIQH SISWA KELAS XI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA 2007-2008.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 789521 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-12 13:13:56 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--rahmananin-1863-1-rahmana-8.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/38/digilib-uinsuka--rahmananin-1863-1-rahmana-8.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2237 ; nama file lama : RAHMA NANI 04410822 TINJAUAN PSIKOLOGI HUMANISTIK TERHADAP PEMBELAJARAN FIQH SISWA KELAS XI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA 2007-2008.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 789521 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RAHMA NANI NIM. 04410822, (2009) TINJAUAN PSIKOLOGI HUMANISTIK TERHADAP PEMBELAJARAN FIQH SISWA KELAS XI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.