%0 Thesis %9 Skripsi %A Munirotul Hidayah, NIM : 12480031 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2016 %F digilib:21593 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pola asuh orang tua, prestasi belajar, siswa MI %P 124 %T PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V A MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN SKRIPSI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21593/ %X Penelitian ini dilakukan pertama, untuk mengetahui tipe-tipe pola asuh orang tua yang diterapkan kepada siswa kelas V A, kedua, untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas V A, ketiga, untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V A MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Depok Sleman. Penelitian dilaksanakan di MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Depok Sleman dengan sampel sebanyak 30 siswa yang diambil secara sampling jenuh. Independen variabel yang terdapat pada penelitian ini adalah pola asuh orang tua (X). Sedangkan dependen variabel yang terdapat pada penelitian ini adalah prestasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket (kuisioner) dan dokumentasi. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, analisis deskriptif yang berfungsi untuk mengetahui distribusi frekuensi hasil temuan data dari lapangan. Kedua, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa digunakan model analisis regresi dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For Social Sciences) sebagai alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak yang diterapkan yaitu pola asuh demokratis dalam kategori cukup. (2) Prestasi yang dicapai anak di kelas V A MI Ma’arif Bego dominan cukup mencapai 66,7%. (3) Pola asuh orang tua dan prestasi belajar mempunyai korelasi sebesar 0,662. Persamaan garis regresi antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar yaitu Y = 11,392 + 0,801 x 1. Artinya apabila pola asuh orang tua meningkat 1 point maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,801 point. Dari data diketahui bahwa pola asuh orang tua mempengaruhi prestasi belajar sebesar 43,8% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar lingkup pola asuh. %Z Luluk Maulu’ah, M.Si.,