@phdthesis{digilib21598, month = {May}, title = {PENGARUH HUBUNGAN POSITIF GURU-PESERTA DIDIK TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III MIN YOGYAKARTA I SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu Pendidikan Islam Disusun Oleh: Putri Megawati 12480051 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2016}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 1248005 Putri Megawati 1}, year = {2016}, note = {Andi Prastowo, M. Pd. I.,}, keywords = {hubungan positif guru-peserta didik, tanggung jawab belajar, prestasi belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21598/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh hubungan positif guru-peserta didik terhadap tanggung jawab belajar kelas III MIN Yogyakarta I dan adakah pengaruh antara hubungan positif guru-peserta didik terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia kelas III MIN Yogyakarta I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang bersifat asosiatif kausal (sebab akibat). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas instrumen hubungan positif guru-peserta didik dinyatakan 18 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,762, uji validitas instrumen tanggung jawab belajar dinyatakan 25 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,870, variabel X, Y1, Y2 berdistribusi normal, hubungan antara X dengan Y1 dan hubungan antara X dengan Y2 adalah linier. Kesimpulan dalam penelitian adalah: 1) terdapat pengaruh antara hubungan positif guru-peserta didik terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas III MIN Yogyakarta I. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,653{\ensuremath{>}}1,678), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, 2) terdapat pengaruh antara hubungan positif guru-peserta didik terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia kelas III MIN Yogyakarta I. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,735{\ensuremath{>}}1,678), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.} }