eprintid: 21601 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/16/01 datestamp: 2016-08-12 01:46:47 lastmod: 2016-08-12 01:46:47 status_changed: 2016-08-12 01:46:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muhamad Ridwan, NIM : 12480036 title: PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Ektrakurikuler Pramuka, Nilai-nilai Karakter, Sistem Among note: Drs. H. Sedyo Santosa, S.S., M.Pd. abstract: Meningkatnya kasus kekerasan atau tawuran antar peserta didik setiap tahunnya, mengindikasikan bahwa pendidikan hanya mengedepankan bidang keilmuan dan kecerdasan peserta didik. Hal ini menunjukan kurangnya pendidikan karakter pada lembaga pendidikan formal. Pendidikan Pramuka hadir dalam bentuk kegiatan ektrakurikuler pramuka yang bertujuan menjadikan peserta didik sebagai manusia mandiri, peduli, bertanggungjawab, dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat. Penelitian ini mengkaji : (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kegiatan ektrakurikuler pramuka. (2) upaya-upaya pembina pramuka dalam menanamkan pedidikan karakter pada peserta didik di SD Idea Baru Kalasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kancah (field research) yang mengunakan pendekatan kualitatif dan berlokasi di SD Idea Baru Kalasan jalan Solo Km.12 Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Metode penelitian ini meliputi : metode observasi, metode interview (wawancara), metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memusatkan data yang muncul dari catatan lapangan, kemudian menyusun pola hubungan dari hasil penelitian dalam bentuk naratif dan menarik kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Verifikasi dilakukan dalam bentuk penyajian dan penarikan kesimpulan dari data-data yang telah terkumpul di lapangan. Hasil penelitian menunjukan nilai-nilai pendididkan karakter uang ditemukan pada kegiatan ektrakurikuler pramuka yaitu: (1) keagamaan/religius, (2) kejujuran, (3) toleransi atau menghargai antar sesama, (4) kedisiplinan, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) kemandiri, (8) demokratis, (9) rasa ingin tahu, (10) semangat kebangsaan, (11) cinta tanah air, (12) menghargai prestasi, (13) bersahabat atau komunikatif, (14) cinta damai, (15) gemar membaca, (16) peduli lingkungan atau cinta alam, (17) peduli sosial, dan (18) tanggung jawab. ; kedua, upaya pembina ektrakurikuler pramuka dalam menanamkan yaitu dilakukan dengan mengunakan sistem Among dengan metode pendidikan karakter yaitu demokrasi, pencarian bersama, peserta didik aktif, keteladanan dan live in. date: 2016-06-30 date_type: published pages: 181 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhamad Ridwan, NIM : 12480036 (2016) PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21601/1/12480036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21601/2/12480036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf