eprintid: 21603 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/16/03 datestamp: 2016-08-12 02:18:28 lastmod: 2016-08-12 02:18:28 status_changed: 2016-08-12 02:18:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Agitya Dwi Pramastuti, NIM. 12480039 title: IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI KELAS IVB SD NEGERI JETIS 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: public keywords: Model Discovery Learning, Pembelajaran Tematik Terpadu note: Luluk Mauluah, M.Si. abstract: Banyak ditemukannya pelaksanaan pembelajaran yang masih kurang variatif, proses pembelajaran memiliki kecenderungan pada metode tertentu (konvensional), dan tidak memperhatikan tingkat pemahaman siswa terhadap informasi yang disampaikan. Siswa kurang aktif dalam proses belajar, siswa lebih banyak mendengar dan menulis. Maka dari itu pendekatan saintifik menawarkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dan dapat dikolaborasikan dengan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model discovery learning dalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas IVB SD Negeri Jetis 1 Saptosari Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian: implementasi model discovery learning dalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas IVB SD Negeri Jetis 1 Saptosari Gunungkidul, menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan langkah-langkah pembelajaran model discovery learning(a)stimulasi, guru menstimulasi peserta didik dengan memberikan sebuah gambar. (b) problem statement,guru memberikan gambar lalu peserta didik mengidentifikasi masalah yang terdapat dalam gambar tersebut. (c)data collection, peserta didik diberikan pengalaman mencari alternative pemecahan masalah. (d)data prosessing, melatih peserta didik mencoba dan mengeksplorasi kemampuannya. Dan yang terakhir (d)verification dan generalisasi, Peserta didik berdiskusi dan mengkomunikasikan hasil diskusinya di depan kelas. date: 2016-05-30 date_type: published pages: 199 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Agitya Dwi Pramastuti, NIM. 12480039 (2016) IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI KELAS IVB SD NEGERI JETIS 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21603/1/12480039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21603/2/12480039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf