eprintid: 21612 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/16/12 datestamp: 2016-08-12 08:28:51 lastmod: 2016-08-12 08:28:51 status_changed: 2016-08-12 08:28:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitriani Eka Setiawati, NIM . 12480060 title: PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL WALI KELAS IV TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SISWA (STUDI KASUS DI MIN YOGYAKARTA 1) ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Sikap Sosial Siswa note: Mohamad Agung Rokhimawan, M. Pd. abstract: Kebijakan Pemerintah dalam pengembangan SD/MI menurut pasal 35 ayat 1 UU No. 14 Tahun 2015 membahas tentang Guru SD/MI. Pelaku pendidikan mempunyai tanggung jawab moral dan intelektual, akademis, dan mental. Pendidikan memerlukan kesediaan guru untuk mengarahkan siswa menjadi pribadi yang berpengetahuan luas dan berbudi pekerti mulia. Guru menempati posisi penting dalam pendidikan yaitu memberikan kontribusi yang tinggi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan hasil pendidikan yang berkualitas. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial merupakan dua faktor penting yang perlu dimiliki oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Siswa SD/MI diharapkan mampu melakukan proses edukasi, sosialisasi dan transformasi dengan baik di lingkungan masyakarat. Penelitian ini bertujuan: Pertama, mendiskripsikan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial wali kelas IV di MIN Yogyakarta 1. Kedua, mendeskripsikan sikap-sikap sosial siswa yang terbentuk dari pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial wali kelas IV di MIN Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (field research). Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Penelitian ini merupakan penelitian tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang dimiliki wali kelas IV dalam pembentukan sikap sosial siswa, dengan wali kelas dan beberapa siswa kelas IV A dan IV B sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah menelaah seluruh data, reduksi data, menyusun data dalam satu kesatuan, kategorisasi, triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial wali kelas IV di MIN Yogyakarta 1 sudah cukup baik, hanya ada beberapa indikator yang masih perlu dikembangkan. Beberapa aspek yang perlu dikembangkan, sesuai dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, pada kompetensi kepribadian yaitu prilaku yang mencerminkan ketakwaan, sikap tanggung jawab, sikap terbuka dan sikap terus mau belajar untuk maju. Adapun kompetensi sosial yaitu pada sikap inklusif dan objektif terhadap teman sejawat, sikap komunikatif terhadap hasil inovasi pembelajaran melalui berbagai media. Kedua, pembentukan sikap sosial siswa kelas IV di MIN Yogyakarta 1 menurut Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 sudah cukup baik. Adapun hal-hal yang perlu ditingkatkan yaitu nilai-nilai kebangsaan dan kebhinnekaan, pengembangan potensi diri siswa secara utuh, perlibatan orang tua di madrasah. date: 2016-04-29 date_type: published pages: 252 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fitriani Eka Setiawati, NIM . 12480060 (2016) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL WALI KELAS IV TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SISWA (STUDI KASUS DI MIN YOGYAKARTA 1). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21612/1/12480060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21612/2/12480060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf